KPPN Majene Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat

Layanan Pengaduan

Berita

Seputar KPPN Majene

Previous Next

Bimtek Rekonsiliasi Tingkat UAKPA

Dalam rangka memberikan dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mitra kerja KPPN Majene untuk mendukung penyusunan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang berkualitas, KPPN Majene menyelenggarakan Bimbingan Teknis Rekonsilaiasi Tingkat UAKPA Semester II Tahun 2021 pada tanggal 10 Desember 2021. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid melalui daring (Zoom Meeting KPPN Majene) dan melalui luring (Aula KPPN Majene). Daring untuk operator SAIBA dan luring untuk operator SIMAK BMN dan operator Persediaan. Peserta bimtek ini adalah operator SAIBA, operator SIMAK BMN, dan operator Persediaan. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala KPPN Majene. Dalam sambutan tersebut, beliau menyampaikan pentingnya rekonsiliasi yang berkualitas dalam mendukung penyusunan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang lebih baik. 

 

Dalam acara bimtek ini juga diberikan penghargaan kepada 3 satker dengan kategori penyampaian laporan keuangan tercepat dan paling berkualitas pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2021. Satker dengan kinerja pelaksanaan rekonsiliasi terbaik pada bulan Agustus diraih oleh Badan Pusat Statistik Kab. Majene yang diwakili oleh Bapak Puji Widyanto selaku operator SAIBA dan Ibu Putri Anggarini selaku operator SIMAK BMN dan Persediaan, satker dengan kinerja pelaksanaan rekonsiliasi terbaik pada bulan September diraih oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Mamasa yang diberikan kepada Bapak Luksius Lumamba selaku operator SAIBA dan Bapak Abdul Azis selaku operator SIMAK BMN dan Persediaan, dan satker dengan kinerja pelaksanaan rekonsiliasi terbaik pada bulan Oktober diraih oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri Banggae Kab. Majene yang diberikan kepada Bapak Kurdin selaku operator SAIBA, SIMAK BMN, dan Persediaan.

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Wahyu Bagus Nurcahyo selaku Kepala Seksi Verifikasi, Akuntansi, dan Kepatuhan Internal terkait pengenalan menu "Telaah LK pada e-Rekon dan LK G2" serta mengundang Kepala Seksi Analisa, Statistik dan Penyusunan Laporan Keuangan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulawesi Barat, Bapak M. Solikhin. Berdasarkan S-167/PB.06/2021 tanggal 7 Desember 2021 periha; Rilis Menu Telaah Laporan Keuangan pada Aplikasi E-Rekon & LK Dalam Rangka Penyusunan LKKL merupakan suatu menu yang menyajikan Telaah laporan keuangan secara otomatis dan sistematis. Menu tersebut bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat proses penyusunan LK, melengkapi fungsi dan fitur Aplikasi E-Rekon & LK, serta mendukung proses telaah. Menu Telaah LK menghasilkan output berupa Kertas Kerja Telaah Laporan Keuangan terintegrasi. Kebijakan proses data pada menu baru ini mengikuti proses OLAP data SAI DAN BMN, yaitu dapat diunfuh 15 menit setelah dilakukan proses OLAP data oleh system E-Rekon & LK. Selain itu disampaikan juga terkait beberapa permaslahan rekonsiliasi yang harus diselesaikan satker sebelum periode 2021 berakhir sebagai langkah persiapan migrasi data ke SAKTI.

Sebelum acara berakhir, KPPN Majene menyelenggarakan quiz online dalam rangka mengevaluasi pemahaman para satker terhadap materi yang telah disampaikan oleh narasumber.

 

Harapannya para operator SAIBA, SIMAK BMN, dan Persediaan mampu menyelesaikan permasalahan selisih pada transaksi data keuangan yang berasal dari menu profil LK pada satker.

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - KPPN Majene
Jl. Jenderal Sudirman no 96 Majene Sulawesi Barat 91412
Call Center: 14090
Tel: 0422-22976 Fax: 0422-21026

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search