Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

Dorong Percepatan Penyaluran DAK Fisik TA 2022, KPPN Sinjai Selenggarakan FGD

SINJAI-Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD)  Percepatan Penyaluran DAK Fisik TA 2022 di Aula KPPN Sinjai secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pada Senin (30/05). Peserta yang hadir merupakan operator OMSPAN pada BKAD dan Inspektur Daerah Sinjai serat PPK dan Operator OPD pengelola DAK Fisik Kab. Sinjai TA 2022.

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sinjai sangat dipengaruhi oleh dukungan penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa, sehingga diperlukan percepatan penyaluran DAK Fisik di wilayah Kabupaten Sinjai. sampai dengan 27 Mei 2022, belum terdapat penyaluran DAK Fisik TA 2022. Jika dibandingkan dengan tahun anggaran yang lalu, hal ini mengalami perlambatan penyaluran sehingga perlu dilakukan pemetaan penyebab keterlambatan penyaluran. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, progress dan kendala penyaluran DAK Fisik pada Kabupaten Sinjai dapat diketahui lebih awal sehingga penyaluran lebih optimal.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala KPPN Sinjai, Bapak Arif Kurniadi. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa DAK Fisik ditujukan untuk pembangunan daerah termasuk pemenuhan fasilitas umum, sehingga apabila penyaluran DAK Fisik terlambat maka dipastikan pembangunan di daerah juga terlambat. Sampai dengan Mei 2022, belum terdapat penyaluran DAK Fisik di Kabupaten Sinjai. Penyebab hal ini perlu menjadi perhatian untuk selanjutnya dapat diselesaikan. Beliau juga menekankan bahwa apabila dana DAK Fisik tidak salur maka akan ditanggung APBD yang seharusnya digunakan untuk kegiatan lain. Sehingga, diharapkan perhatian seluruh pihak agar dapat segera memenuhi persyaratan penyaluran DAK Fisik sehingga penyaluran dapat dimaksimalkan pada bulan Juni 2022.

Ibu Ifa Mulyana, Kepala Bidang Akuntansi, menyampaikan sambutan mengenai data penyerapan TA 2021 yang belum dapat disampaikan. Beliau juga menghimbau agar seluruh OPD Pengelola DAK Fisik terus bersinergi dengan baik untuk mengoptimalkan penyaluran DAK Fisik yang cepat dan akurat. Ibu Ifa juga mengucapkan terima kasih atas sinergi seluruh OPD dan KPPN dalam penyaluran DAK Fisik di Kabupaten Sinjai.

Bapak Edhi Purnomo, Kepala Seksi Bank KPPN Sinjai, menjadi pemateri pada acara FGD ini mengenai mekanisme penyaluran DAK Fisik TA 2022, monitoring penyerapan, capaian output TA 2021 serta kontrak kegiatan TA 2022. Beliau menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi perhatian seperti persyaratan penyaluran, batas waktu penyampaian dokumen, capaian output, dan proses perekaman data kontrak pada Aplikasi OMSPAN masih rendah senilai Rp32,97 miliar dari total pagu Rp162,40 miliar. Kegiatan kemudian disambung dengan sharing session dari OPD Pengelola DAK Fisik TA 2022.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kinerja penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa KPPN Sinjai meningkat diiringi dengan peningkatan sinergi antara OPD DAK Fisik dan KPPN serta progress dan kendala atas penyaluran DAK Fisik tetap terpantau dan dalam kendali. Dengan begitu, manfaat atas penyaluran DAK Fisik dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.(*)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search