Buku Mengawal Akuntabilitas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2020

Tahun 2020 adalah tahun yang sangat memporakporandakan tidak hanya kesehatan manusia namun seluruh sendi kehidupan, untuk itu sangat penting untuk didokumentasikan dalam bentuk buku yang menjadi saksi betapa APBN bekerja sangat keras untuk mengatasi pandemi COVID-19.

Sebagai salah satu komponen bangsa yang ikut mendukung dan berperan aktif dalam kebijakan pengelolaan keuangan negara di masa Pandemi COVID-19, rasanya kurang indah jika tidak mewariskan sedikit coretan tinta yang dapat dimanfaatkan bagi generasi mendatang. Coretan yang terpatri dalam buku ini menyajikan gambaran bagaimana virus COVID-19 muncul hingga berdampak terhadap penurunan kinerja ekonomi makro dan fiskal, tidak hanya bagi Indonesia namun juga seluruh negara di dunia. Kebijakan yang diambil merupakan sebuah orkestra dari sinergi kebijakan fiskal dan moneter yang tujuannya tidak hanya untuk mendukung pengendalian virus COVID-19, namun juga untuk mendukung daya beli masyarakat serta menjaga perekonomian negara agar tidak mengalami dampak negatif yang lebih besar. Buku ini secara khusus mengulas mengenai kebijakan penanganan pandemi COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam kurun waktu tahun 2020 yang menggunakan data Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2020 Audited dan melihat dari berbagai sudut pandang supaya tidak mengabaikan prinsip akuntabilitas. Ulasan dalam buku ini bukan hanya ditujukan semata sebagai bentuk transparansi kepada publik karena disusun bersamaan dengan masa pelaporan LKPP Tahun 2020 namun juga sebagai pemenuhan hasrat tanggung jawab dan pengabdian segenap jajaran Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dalam menjadikan kebijakan tersebut menjadi sebuah pembelajaran bagi perjalanan bangsa di masa mendatang.

Buku ini dapat dijadikan salah satu referensi utama dalam melihat bagaimana kebijakan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional digulirkan dan bagaimana peran APBN sebagai countercyclical dalam masa pandemi COVID-19 pada tahun 2020. Dengan hadirnya buku ini diharapkan seluruh insan yang mencintai republik ini mampu belajar dari sebuah pengalaman berharga di tahun 2020, tidak saja dalam rangka membuat kebijakan fiskal yang responsif, adaptif, dan tetap prudent, namun juga bagaimana pemerintah mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang tercermin dari perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2020 (Audited).

Pencapaian opini terbaik tersebut pada kondisi extraordinary dan tidak terduga (unprecedented) sepanjang tahun 2020 akibat Pandemi COVID-19 memberikan keyakinan kepada seluruh masyarakat bahwa APBN Tahun 2020 dikelola dengan efisien, transparan, dan akuntabel. Hal itu juga membuktikan bahwa komitmen dan keseriusan pengelola keuangan negara dan daerah dalam menjalankan tata kelola keuangan yang baik, sekaligus merupakan cerminan semangat Pemerintah tidak pernah padam untuk terus memperbaiki dan mengembangkan kualitas pengelolaan keuangan negara agar setiap Rupiah APBN mampu digunakan sebaik-baiknya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Buku ini dilaunching oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pada saat kegiatan puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah 2021 yang bertajuk Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi yang dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2021. Semoga buku ini dapat
dimanfaatkan tidak saja dalam analisis dan evaluasi kebijakan yang bersifat parsial sesuai sektorisasinya namun juga dilihat sebagai bagian dari pengelolaan keuangan negara secara komprehensif. 

 Buku ini dapat diunduh melalui tautan ini atau klik gambar di samping.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
Gedung Prijadi Praptosuhardjo III Lt. 1-2, Jalan Budi Utomo No. 6 Jakarta 10710
Tel: 021-3847068, 3449230 Psw. 5500; Fax: (021) 3864776

IKUTI KAMI

SALURAN PENGADUAN

 

Search