Gd Prijadi Praptosuhardo I Lt. 3 Jl. Lap. Banteng Timur 2-4 Jakarta Pusat

Hasil Survey Kepuasan Layanan Direktorat SMI 2021 Sangat Baik

Jakarta, 29 Desember 2021 – dalam rangka untuk mengetahui tingkat kepuasan stakeholders atas layanan yang diberikan selama tahun 2021, Direktorat Sistem Manajemen Investasi (Dit. SMI) Ditjen Perbendaharaan menyelenggarakan survey/pengukuran kepuasan layanan publik yang diberikan. Selain itu, melalui survey tersebut juga diharapkan adanya masukan atau saran untuk perbaikan layanan Dit. SMI di tahun-tahun berikutnya.
Survey yang dilaksanakan pada bulan November 2021 tersebut menyasar responden kuisioner yang sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Bank/Non Bank Penyalur Subsidi Bunga/Subsidi Margin (SBSM). Aspek yang diukur juga masih sama, yaitu: (1) Kebermanfaatan Program; (2) Penyediaan Informasi; (3) Penyediaan Akses Komunikasi atas Layanan; dan (4) Aspek Pelayanan Dit. SMI. Selain itu, pengukuran pada setiap aspek adalah meliputi tingkat kepentingannya dan tingkat kepuasannya.


Hasil survey yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kepuasan stakeholders Dit. SMI sangat baik, dengan capaian sebesar 4,65 dari skala 5. Meskipun raihan indeks tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan hasil survey tahun 2020 yang sebesar 4,75, namun masih melampaui target yang ditetapkan sebesar 4,64. Penurunan hasil survey tersebut utamanya disebabkan oleh dinamika perubahan kebijakan (peraturan perundang-undangan) dalam masa pandemi Covid-19 yang terjadi begitu cepat.

Meskipun demikian, kesigapan dan sikap pelayanan para pegawai Dit. SMI patut diapresiasi dalam hasil survey kali ini, dengan capaian nilai 4,77 dari skala 5. Penerapan nilai-nilai Kementerian Keuangan yang dilakukan Pegawai Direktorat SMI dalam memberikan layanan kepada Penyalur dapat dianggap sudah sangat baik. Meski demikian, sesuai dengan nilai Kesempurnaan, maka masih terdapat ruang untuk dapat meningkatkan nilai kepuasan stakeholders dalam memberikan layanan.

Yang tidak kalah pentingnya dalam pelaksanaan survey kepuasan layanan Dit. SMI ini adalah tindak lanjut atas hasil yang dicapai. Pada tahun 2021 ini, Dit. SMI juga telah menindaklanjuti hasil survey pada tahun 2020 dengan penambahan pegawai pada grup komunikasi dengan para Penyalur SBSM, penyusunan Juknis yang lebih komprehensif, dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan internalisasi/ sosialisasi/pembahasan dengan instansi terkait lainnya. Selanjutnya, atas hasil survey tahun 2021 ini, Dit. SMI akan menindaklanjuti dengan penyusunan standar layanan Dit. SMI, lebih responsif dalam memberikan pelayanan, serta penyediaan informasi publik yang up to date.

Selengkapnya dapat di unduh disini: HASIL SURVEY KEPUASAN STAKEHOLDER

SIAPP

(Sempurna, Integritas, Akuntabel, Profesional, Pruden)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Dit. SMI - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 3
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: (021) 3449230 ext. 5520 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search