Gd Prijadi Praptosuhardo I Lt. 3 Jl. Lap. Banteng Timur 2-4 Jakarta Pusat

Survey Kepuasan Stakeholder atas Layanan Direktorat SMI tahun 2022

 

 

 

Jakarta, 30 Juni 2022 – dalam rangka peningkatan layanan serta pelaksanaan tugas yang semakin handal, Direktorat Sistem Manajemen Investasi (Dit. SMI) Ditjen Perbendaharaan menyelenggarakan survey/pengukuran untuk mengetahui tingkat kepuasan stakeholder atas layanan yang telah diberikan selama semester pertama tahun 2022, khususnya pada kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis monitoring dan evaluasi UMi 2022. Adanya survey ini diharapkan dapat memberikan masukan atau saran untuk Direktorat SMI agar senantiasa terus melakukan perbaikan layanan di tahun-tahun berikutnya.

Survey yang dilaksanakan pada bulan Juni 2022 tersebut menyasar 247 pejabat/pegawai Kanwil DJPb dan KPPN yang mengikuti kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis monitoring dan evaluasi UMi tahun 2022 sebagai respondennya. Dari 247 pejabat/pegawai tersebut, diperoleh sampel data   sebanyak 193 responden atau sekitar 78,13% dari total 247 pejabat/pegawai. Aspek yang diukur dalam survey kali ini yaitu terkait: (1) Materi yang Disampaikan; (2) Pemahaman Peserta; (3) Kemampuan Narasumber; dan (4) Fasilitas serta Sarana. Penilaian dari aspek-aspek tersebut terbagi ke dalam skala 1-5, dengan skala 1 berarti stakeholder sangat tidak puas dan skala 5 berarti stakeholder sangat puas dengan layanan yang diberikan oleh Direktorat SMI.

Berdasarkan hasil survey yang telah diperoleh, didapatkan bahwa tingkat kepuasan stakeholder Dit. SMI terhadap layanan yang telah diberikan dinilai sangat memuaskan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai capaian masing-masing aspek sebesar 4,93 dari skala 5. Salah satu aspek yang memiliki nilai tinggi terdapat pada aspek kesesuaian materi yang disampaikan dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan dengan capaian nilai hingga 4.98. Hal ini menunjukkan bahwa pegawai Direktorat SMI sudah menerapkan dengan baik nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam memberikan layanan kepada para stakeholder. Meskipun demikian, sesuai dengan nilai Kesempurnaan Kementerian Keuangan, tentunya masih terdapat aspek-aspek yang dapat terus diperbaiki oleh Direktorat SMI. Contohnya pada aspek kedisiplinan waktu oleh narasumber yang masih perlu dilakukan perbaikan kembali pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Selain itu, Direktorat SMI juga memperoleh saran serta masukan berharga dari para stakeholder. Masukan dan saran tersebut yaitu seperti mempersiapkan dan memperhatikan Kembali jaringan internet, aplikasi dummy, dan kebutuhan teknis kelistrikan, memperhatikan waktu pelaksanaan kegiatan hari terakhir, mempersiapkan Narasumber dalam memahami materi agar memudahkan peserta memahami materi yang disampaikan, perlunya mengadakan kegiatan sosbimtek ini secara rutin, serta memperhatikan Kembali ketepatan waktu setiap acara agar tidak terlalu terlambat. Atas hasil survey ini, Direktorat SMI akan senantiasa terus berkomitmen untuk menindaklanjuti seluruh saran-saran serta masukan yang telah diberikan oleh para stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Direktorat SMI juga akan menindaklanjuti hasil survey ini dengan penyusunan standar layanan yang lebih responsif dalam memberikan pelayanan serta penyediaan informasi publik yang up to date.

 

Untuk Laporan selengkapnya dapat diakses pada: >> tautan <<

SIAPP

(Sempurna, Integritas, Akuntabel, Profesional, Pruden)

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal Dit. SMI - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 3
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: (021) 3449230 ext. 5520 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

   

 

Search