Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

Audiensi Dan Koordinasi Dengan Bupati Kudus Untuk Percepatan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa

Kudus, 10 Juni 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Bertempat di Peringgitan Pendopo Kabupaten Kudus, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing bertemu langsung dengan orang nomor satu di Kab. Kudus, Kamis, 10 Juni 2021. Audiensi dan koordinasi dilakukan dalam rangka percepatan penyaluran Dana Desa tahun 2021. Hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kanwil DJPb untuk mendorong percepatan penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di Kabupaten Kudus.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus, HM. Hartopo yang didampingi Kepala DPKAD dan Inspektur Kab.Kudus, menyambut baik kunjungan Tim Kanwil DJPb Prov. Jateng. Hartopo mengungkapkan bahwa penyaluran Dana Desa di Kudus sudah cukup tinggi.

“Meskipun penyaluran dana desa di Kab. Kudus sudah cukup tinggi, namun masih perlu dilakukan upaya-upaya untuk lebih medorong percepatan penyaluran dana desa”, kata Hartopo.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing menyampaikan terobosan untuk menemukan mekanisme yang tepat untuk mempercepat penyaluran Dana Desa. Dengan terobosan tersebut proses penyaluran Dana Desa dapat termonitoring sampai tingkat desa.

“Kami secara rutin akan menyampaikan report desa agar Pak Bupati dapat memonitor desa-desa mana saja yang realisasinya tinggi dan rendah. Selain itu, diharapkan tidak hanya uang itu secepatnya masuk rekening kas desa, tetapi juga perlu memastikan uang itu bisa segera digunakan untuk membiayai kegiatan yang sudah direncanakan dalam APBDes. Dengan demikian, penyerapan APBDes dapat terlaksana dengan baik untuk mendukung program kerja masing-masing desa supaya dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai target yang ditentukan,” pungkasnya.

Pada bagian terakhir diskusi, Bupati Kudus sangat mengapresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh Kanwil DJPb Prov. Jawa Tengah, sehingga dapat digunakan untuk monitoring dan dapat segera melakukan tindak lanjut jika terdapat desa yang penyalurannya masih rendah.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN