Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

Terbentuknya Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah tidak terlepas dari bergulirnya reformasi hukum dan reformasi organisasi di Departemen Keuangan yang melahirkan paket Undang-Undang di Bidang Keuangan Negara dan penyempurnaan organisasi (reorganisasi). Reorganisasi tersebut ditandai dengan terbentuknya 3 (tiga) organisasi dengan nomenklatur baru, yaitu Direktorat Jenderal Anggaran dan Perimbangan Keuangan (Ditjen APK), Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Ditjen Perbendaharaan), dan Badan Pengkajian Ekonomi, Keuangan, dan Kerjasama Internasional (BAPEKKI).

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan adalah unit eselon II di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam struktur organisasi pada Kementerian Keuangan. Nomenklatur Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan resmi digunakan pada tahun anggaran 2004 sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 302/KMK.01/2004 Tentang Susunan Organisasi Departemen Keuangan. Sebelumnya Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bernama Kantor Wilayah XIII Direktorat Jenderal Anggaran Semarang dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal Anggaran.

   

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah belokasi di Gedung Keuangan Negara (GKN) Semarang I lantai 3, Jalan pemuda nomor 2 Semarang. Letaknya berdekatan jembatan Berok yang mengarah masuk ke kawasan Kota Lama Semarang dan berada tepat di samping Kantor Pos Besar Kota Semarang. GKN Semarang I atau yang dikenal juga dengan nama gedung papak memiliki sejarah perjalanan  sangat panjang  semenjak pertama kali dibangun pada tahun 1854. Dahulu, selain sebagai Balai Kota, gedung papak ini juga difungsikan sebagai Kantor Polisi dan Kantor Karesidenan, Kantor Pos dan keuangan dan Ruang sidang Raad Van Justice (Pengadilan Untuk Rakyat Eropa). Pada tanggal 30 Nopember 1954 Gedung papak ini terbakar. Kemudian dibangunlah gedung dengan bentuk seperti sekarang ini dan difungsikan menjadi Gedung Keuangan Negara.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Ditjen Perbendaharaan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah membawahi 15 KPPN, yaitu: KPPN Semarang I, KPPN Purworejo, KPPN Surakarta, KPPN Purwokerto, KPPN Pekalongan, KPPN Pati, KPPN Magelang, KPPN Tegal, KPPN Kudus, KPPN Cilacap, KPPN Semarang II, KPPN Klaten, KPPN Sragen, KPPN Purwodadi, dan KPPN Banjarnegara.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI