Gedung Keuangan Negara, Jl. Pemuda No.2, Semarang

Berita

Seputar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah

HIGH LEVEL ONE ON ONE MEETING UNTUK AKSELERASI BELANJA KEMENTERIAN/LEMBAGA

Semarang, 6 September 2021

djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/jateng/id - Dalam rangka mendorong percepatan penanganan Pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional perlu dilakukan langkah-langkah strategis guna mengakselerasi belanja Kementerian/Lembaga dan belanja Pemerintah Daerah pada Triwulan III dan Triwulan IV Tahun Anggaran 2021.

Untuk langkah tersebut  Direktur Jenderal Perbendaharaan telah menerbitkan Nota Dinas Nomor ND-292/PB/2021 tanggal 25 Agustus 2021 hal Akselerasi Belanja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Menindaklanjuti Nota Dinas Dirjen Perbendaharaan tersebut telah dilaksanakan one on one meeting pada high level melalui pertemuan antara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah dengan pimpinan Satker tingkat wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dimulai pada hari Senin tanggal 6 September 2021 bertempat di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa tengah, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing melakukan pertemuan dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah, A. Yuspahruddin.  

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah selain menyampaikan progress realisasi belanja pada satker-satker lingkup Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah, meminta agar satker-satker lingkup Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah dalam menyamaikan dokumen keuangan dalam rangka pelaksanaan dan pelaporan keuangan agar disampaikan secara tepat waktu agar penyelesaian pembayaran dapat tepat waktu dan agar terdapat cukup waktu dalam perbaikan bila diperlukan perbaikan dokumen pembayaran/pelaporan.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Kepala Devisi Administrasi, Kepala Bagian Program dan Humas, Kepala Bagian Umum, dan seluruh pengeloa keuangan Kanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah.

Pada hari Selasa, tanggal 7 September 2021, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah melakukan anjang sana ke Kantor Wilayah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama.

Dalam pertemuan dengan Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah menyampaikan progress realisasi belanja pada Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah sampai dengan periode 3 September 2021.

Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah dalam pertemuan tersebut menyampaikan kendala pengadaan barang dan jasa di Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah. Kendala yang dihadapi antara lain adalah kurangnya tenaga fungsional pengadaan barang dan jasa pada Kantor BPN di kabupaten/kota.

Pertemuan berikutnya dilaksanakan pada hari Kamis, 9 September 2021 di Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah antara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah dengan Kepala Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono.

Dalam pertemuan dengan Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa realisasi Belanja Barang dan Belanja Modal komulatif seluruh satker BPS di Jawa Tengah masih perlu ditingkatkan karena capaian realisasi masih di bawah 50%.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa realisasi Belanja Barang dan Belanja Modal masih dibawah target karena adanya tambahan Belanja Modal pada bulan Juli 2021, sedangkan realisasi Belanja Barang belum optimal karena dihentikannya kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2021.

Pertemuan yang dihadiri seluruh pejabat pengelola keuangan BPS Provinsi Jawa Tengah itu ditutup dengan sessi foto bersama.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Keuangan Negara I, Jl. Pemuda No.2 Semarang />Tel: (024) 355.5852, 351.5989 Fax : (024) 354.4255, 354.5877

IKUTI KAMI