Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau didukung oleh SDM sebagaimana tercantum dalam bagan sebagai berikut:
Statistik Kepegawaian
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau didukung oleh SDM sebagaimana tercantum dalam bagan sebagai berikut:
Statistik Kepegawaian
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
2024
1 |
Peringkat I Tingkat Kualitas Pengelolaan Kinerja Berbasis Strategy Focused Organization Tahun 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-187/PB.1/2024 tanggal 15 Januari 2024 |
2 |
Peringkat I Pelaksanaan Pembiayaan dengan Kartu Kredit Pemerintah |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Sistem Perbendaharaan Nomor ND-167/KPN.05/2024 |
3 |
Peringkat II Nilai Kinerja Organisasi Unit Eselon II dan Badan Layanan Umum Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2023 |
Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-41/PB/2024 Tentang Penetapan Nilai Kinerja Organisasi Unit Eselon II dan Badan Layanan Umum Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2023
|
4 |
Peringkat III Realisasi IKI Nilai Kinerja Pelaksanaan Anggaran K/L Triwulan I Tahun 2024 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Nomor ND-422/PB.2/2024
|
5 |
Peringkat I Capaian IKU Indeks Kualitas Pelaksanaan Pembinaan dan Monitoring Pinjaman dan Kredit Program Semester I Tahun 2024 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Sistem Manajemen Investasi Nomor ND-674/PB.4/2024 tanggal 5 Juli 2024 |
6 |
Peringkat IV Capaian IKU Tingkat Implementasi Learning Organization DJPb Triwulan II 2024 |
Berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND- 2389/PB.1/2024 |
7 |
Peringkat I Capaian IKU Pembinaan Asistensi BLUD |
Berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND391/PB.5/2024 |
2023
1 |
Peringkat III Satker Berprestasi atas Implementasi Marketplace Digipay periode Triwulan I 2023 |
|
2 |
Peringkat II Satker Berprestasi atas Nilai IKPA Kategori Pagu Kecil Periode Triwulan I 2023 |
|
3 |
Peringkat III Satker Berprestasi atas Implementasi Marketplace Digipay periode Triwulan II 2023
|
![]() |
4 |
Peringkat III Laporan Government Statistic Tahun 2022 Kategori Kanwil Kecil |
|
5 |
Peringkat III Laporan Keuangan Tingkat Koordinator Kuasa Bendahara Umum Negara Kanwil DJPb Tahun 2022 |
![]() |
6 |
Peringkat I Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2022 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-7/PB/PB.2/2023 |
7 |
Peringkat I Lomba Video Kolaborasi Dalam Rangka Kegiatan Workshop Pengelolaan SDM Batch II Tahun 2023 |
![]() |
8 |
Peringkat I Kualitas Laporan Pemantauan dan Evaluasi Penyaluran Dana Transfer ke Daerah Tingkat Kanwil DJPb Semester I TA 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Nomor ND-954/PB.2/2023 |
9 |
Peringkat I Nilai Kinerja Penyaluran Dana Transfer Ke Daerah Pada KPPN Triwulan IV TA 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Nomor ND-25/PB.2/2024 |
10 |
Peringkat I Kluster Kanwil Kecil Laporan KFR Triwulan I Tahun 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Sistem Perbendaharaan Nomor ND-3416/PB.1/2023 |
11 |
Peringkat Peringkat I Tingkat Kualitas Pengelolaan Kinerja Berbasis Strategy Focused Organization Tahun 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-187/PB.1/2024 |
12 |
Peringkat I Laporan FKPKN Triwulan IV Tahun 2022 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Sistem Perbendaharaan Nomor ND-477/PB.7/2023 |
13 |
Peringkat II Nasional Laporan KFR Triwulan I Tahun 2023 |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Sistem Perbendaharaan Nomor ND-3416/PB.1/2023 |
14 |
Peringkat II Laporan dan Kegiatan Implementasi RCE Kluster Kanwil Kecil Triwulan III tahun 2023.
|
Berdasarkan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-3416/PB.1/2023 |
2022
1 |
Piagam Penghargaan atas inovasi Kafein HAnDAL dalam rangka mendukung pemberdayaan UMKM Provinsi Kepulauan Riau.
|
![]() |
2 |
Peringkat III Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender Instansi Vertikal DJPb Tahun 2022. |
Berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-137/PB/2022 tanggal 27 Juni 2022 tentang Pemenang Lomba Implementasi Pengarusutamaan Gender Instansi Vertikal DJPb Tahun 2022. |
3 |
Peringkat II Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2021 Kategori Kanwil Kecil. |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-9/PB/PB.2/2022 tanggal 29 Juni 2022. |
4 |
Peringkat I Capaian Kinerja Indeks Kualitas Pelaksanaan Pembinaan dan Monitoring Pinjaman dan Kredit Program Semester I Tahun 2022. |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur SMI Nomor ND775/PB.4/2022 tanggal 6 Juli 2022. |
5 |
Peringkat II Penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja di Lingkungan DJPb Tahun 2022 Kategori Kanwil Kecil. |
Berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-281/PB/2022 tanggal 12 Desember 2022 tentang Penetapan Peringkat Penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja di Lingkungan DJPb Tahun 2022. |
6 |
Peringkat III Capaian Nilai Laporan Pembinaan dan Supervisi KPPN Semester I Tahun 2022. |
Berdasarkan Nota Dinas Setditjen Nomor ND-4570/PB.1/2022 tanggal 26 Desember 2022 Hal Hasil Penilaian Laporan Pembinaan dan Supervisi KPPN Semester I Tahun 2022. |
7 |
Peringkat I Hasil Evaluasi Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal di Lingkungan DJPb Tahun 2022. |
Berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-297/PB/2022 tanggal 27 Desember 2022 tentang Penetapan Hasil Evaluasi Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal di Lingkungan DJPb Tahun 2022. |
8 |
Peringkat II Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester I Tahun 2022 Kategori Kanwil Kecil. |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-17/PB/PB.2/2022 tanggal 27 Desember 2022. |
9 |
Peringkat I Capaian Penilaian Indikator Kinerja Utama Pembinaan Badan Layanan Umum (BLU) dan Asistensi Pembinaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Triwulan IV Tahun 2022. |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Nomor ND-9/PB.5/2023 tanggal 4 Januari 2023 hal Penilaian Indikator Kinerja Utama Pembinaan Badan Layanan Umum (BLU) dan Asistensi Pembinaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Triwulan IV Tahun 2022. |
10 |
Peringkat I Capaian Kinerja Indeks Kualitas Pelaksanaan Pembinaan dan Monitoring Pinjaman dan Kredit Program Semester II Tahun 2022. |
Berdasarkan Nota Dinas Dit.SMI Nomor ND-7/PB.4/2023 tanggal 5 Januari 2023 hal Penyampaian Capaian IKU Indeks kualitas pelaksanaan pembinaan dan monitoring pinjaman dan kredit program Semester II Tahun 2022. |
11 |
Penghargaan Nagara Dana Abyakta yang diberikan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia atas predikat Wilayah Bebas dari Korupsi.
|
![]() |
2021
1 |
Peringkat III Penggunaan Uang Persediaan Melalui Sistem Digital Payment-Marketplace Tingkat Kanwil DJPb dan KPPN berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-109/PB/2021 tanggal 27 April 202 | ![]() |
2 |
Peringkat III Capaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2020 Satuan Kerja Vertikal dan Satuan Kerja Sementara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan nilai 98.06, sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP- 127/PB/2021 tanggal 6 Mei 2021 |
|
3 |
Peringkat I Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2020 Kategori Kanwil Kecil |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-3/PB/PB.2/2021 tanggal 15 Juni 2021. |
4 |
Peringkat I Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Triwulan III Tahun 2021 Tingkat Kanwil Kategori Kanwil Kecil pada Treasury Award 2021 | ![]() |
5 |
Peringkat I Kinerja Penyaluran dan Kualitas Pemantauan dan Evaluasi DAK Fisik dan Dana Desa Kategori Kanwil Kecil pada Treasury Award 2021 | ![]() |
6 |
Peringkat I Kualitas Monev Pelaporan Data Capian Output Tingkat Kanwil Kategori Kanwil Kecil pada Treasury Award 2021 | ![]() |
7 |
Peringkat I Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Terbaik Tahun 2020 Kategori Kanwil Kecil pada Treasury Award 2021 | ![]() |
8 |
Peringkat I Hasil Evaluasi Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal Tahun 2021 |
Berdasarkan Keputusan Ditrektur Jenderal Perbendaharaan Nomor: KEP-324/PB/2021 tanggal 23 Desember 2021 tentang Penetapan Nilai Hasil Evaluasi Pelaksanaan Tugas Kepatuhan Internal di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2021. |
9 | Peringkat III Laporan Keuangan Tingkat Koordinator Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) Tingkat Wilayah Kategori Kanwil Kecil Tahun Anggaran 2020 |
|
10 | Peringkat III Penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja Kategori Kantor Wilayah Kecil DJPb Tahun 2021 | Berdasarkan Keputusan Ditrektur Jenderal Perbendaharaan Nomor: KEP-330/PB/2021 tanggal 29 Desember 2021 tentang Penetapan Peringkat Penilaian Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2021. |
11 | Peringkat II Penilaian Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I Tahun 2021 Kategori Kanwil Kecil |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor: ND.11/PB/PB.2/2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang Penyampaian Hasil Penilaian Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I Tahun 2021. |
2020
No. |
Prestasi |
Ruang Lingkup Prestasi |
Tingkat Prestasi |
Foto Piagam/Sertifikat |
1 |
Peringkat I Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) |
Laporan Review Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester II Tahun 2019 |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
|
2 |
Peringkat I Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) |
Laporan Review Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I Tahun 2020 |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
Berdasarkan Nota Dinas Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-3/PB/PB.2/2020 tanggal 19 November 2020 tentang Penyampaian Hasil Penilaian Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I 2020 Tingkat Wilayah. |
3 |
Peringkat II Kinerja Supervisi dan Pembinaan atas Penyaluran DAKF dan DD |
Supervisi dan Pembinaan Penyaluran DAKF dan DD merupakan salah satu Tusi Kanwil DJPb |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
|
4 |
Peringkat II IKPA selaku BUN |
Nilai IKPA selaku BUN berarti adalah merupakan konsolidasian nilai IKPA satker mitra kerja Kanwil DJPb |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
|
5 |
Peringkat III Laporan GFS |
Laporan Government Finance Statistic (GFS) Tahun 2019 |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
|
6 |
Peringkat III LK UAKKBUN |
Laporan Keuangan tingkat Unit Akuntansi Kuasa BUN Daerah Tahun 2019 |
Nasional Kategori Kanwil Kecil |
2019
1 |
Peringkat I Laporan Kajian Fiskal Regional (KFR) Tahun 2018 Kategori Kanwil Kecil berdasarkan penilaian dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, sesuai Nota Dinas Dirjen Perbendaharaan Nomor ND-496/PB/2019 tanggal 26 Juni 2019 Kanwil DJPb Prov. Kepri mendapatkan Nilai 98.56
|
2 |
Peringkat ke I Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Tahun 2018 untuk kategori Kanwil DJPb Kecil berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat sesuai dengan nota dinas Dirjen Perbendaharaan No.ND-374/PB/2019 Tgl.13 Mei 2019 dengan mendapat Nilai 97.09
|
3 |
Peringkat ke I Laporan Keuangan Pemerintah Konsolidasian Tingkat Wilayah dan Laporan Statistik Keuangan Pemerintah Tingkat Wilayah Tahun 2018 Kategori Kanwil Kecil berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-271/PB/2019.
|
4 |
Peringkat I Kanwil DJPb dengan Kinerja Supervisi dan Pembinaan Atas Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2019 kategori Kanwil Kecil.
|
5 |
Menjadi 3 finalis terbaik Kanwil Ditjen Perbendaharaan dalam kompetisi Pendukung Program KUR Tahun 2019 untuk kategori kanwil kecil. |
6 |
Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau memperoleh peringkat II dalam Keterbukaan Informasi Publik untuk Instansi Vertikal Tingkat Provinsi di Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau dari Komisi Informasi Publik Daerah Kep ulauan Riau tahun 2019. |
7 |
Peringkat X Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Ditjen Perbendaharaan Tahun 2019 berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-303/PB/2019 tanggal 31 Desember 2019, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kepualauan Riau mendapat nilai 91,69 |
8 |
Peringkat II Laporan Kajian Fiskal Regional (KFR) Triwulan II 2019 Kategori Kanwil Kecil berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, sesuai Nota Dinas Dirjen Perbendaharaan Nomor ND-1023/PB/2019 tanggal 18 Desember 2019 Kanwil DJPb Prov. Kepri mendapatkan Nilai 96,33.
|
2018
1 |
Peringkat ke I Laporan Kajian Fiskal Regional Semester I Tahunan 2017 untuk kategori Kanwil Kecil berdasarkan hasil penilaian Kantor Pusat dengan surat Dirjen Perbendaharaan Nomor S-5093/PB/2018 tanggal 29 Juni 2018 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kepri mendapatkan Nilai 95.16 |
2 |
Peringkat ke III Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Tahunan 2017 untuk kategori Kanwil DJPb Kecil berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat sesuai dengan surat Dirjen Perbendaharaan 3399/PB/2018 tanggal 13 April 2018 dengan mendapat Nilai = 93.57 |
3 |
Peringkat III Laporan Keuangan tingkat Koordinator Kuasa Bendahara Umum Negara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Tahun 2017 berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen Perbendaharaan No.KEP-559/PB/2018 Tgl.8 November 2018 dengan mendapat Nilai = 99.61 |
4 |
Peringkat ke I Kanwil DJPb kategori Nilai Transaksi Terbesar Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perbendaharaan No.KEP-561/PB/2018 Tgl.9 November 2018 |
5 |
Peringkat I Kinerja Supervisi dan Pembinaan DAK Fisik dan Dana Desa untuk Kanwil DJPb dengan Kategori Kanwil Kecil berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Perbendaharaan No.KEP-563/PB/2018 Tgl.9 November 2018 |
6 |
Peringkat III Anugrerah Keterbukaan Informasi Publik Ketegori Badan Publik Vertikal Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 |
7 |
Peringkat X Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Ditjen Perbendaharaan Tahun 2018 berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-668/PB/2018 tanggal 27 Desember 2018, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kepualauan Riau mendapat nilai 90,92 |
2017
1 |
Peringkat ke I Laporan Kajian Fiskal Regional Tahunan 2016 untuk kategori Kanwil Kecil berdasarkan hasil penilaian Kantor Pusat dengan surat Dirjen Perbendaharaan No.S-5091/PB/2017 tanggal 7 Juni 2017 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kepri mendapatkan Nilai 95.26 |
2 |
Peringkat ke I Laporan Kajian Fiskal Regional Semester I Tahun 2017 untuk kategori Kanwil Kecil berdasarkan hasil penilaian Kantor Pusat dengan surat Dirjen Perbendaharaan No.S-35/PB/2018 tanggal 3 Januari 2018 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kepri mendapatkan Nilai 95.07 |
3 |
Peringkat II Anugerah Keterbukaan Informasi Publik untuk Instansi Vertikal Tingkat Provinsi di Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau dari Komisi Informasi Publik Daerah Kepulauan Riau tahun 2017 |
4 |
Peringkat ke II Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Tahunan 2016 untuk kategori Kanwil DJPb Kecil berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat sesuai dengan surat Dirjen Perbendaharaan No.S-4700/PB/2017 Tgl.23 Mei 2017 dengan mendapat Nilai = 94.12 |
5 |
Peringkat ke III Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran (RPA) Semester I Tahun 2017 untuk kategori Kanwil DJPb Kecil berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Pusat sesuai dengan surat Dirjen Perbendaharaan No.S-8433/PB/2017 Tgl. 27 September 2017 dengan mendapat Nilai = 95.10 |
TUGAS
Kantor Wilayah mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, bimbingan teknis, pengendalian, evaluasi, dan pelaksanaan tugas dibidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
FUNGSI
Dalam melaksanakan tugas sebagai Kantor Wilayah, Kantor Wilayah menyelenggarakan fungsi :
Untuk mencapai Visi Kanwil, kami memiliki misi:
1. Mewujudkan pengolahan kas dan investasi yang hati-hati, efisien, dan optimal.
2. Mendukung pelaksanaan anggaran yang tepat waktu, efektif, dan akuntabel.
3. Mewujudkan Akutansi dan pelaporan keuangan yang akuntabel, transparan dan tepat waktu
4. Mengembangkan sistem perbendaharaan yang terpercaya, profesional, dan modern
Kantor Wilayah mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan, supervisi, bimbingan teknis, dukungan teknis, monitoring, evaluasi, penyusunan laporan, verifikasi dan pertanggungjawaban di bidang perbendaharaan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Dalam melaksanakan tugas tersebut, Kantor Wilayah menyelenggarakan fungsi:
1. Penelaahan, pengesahan, dan revisi dokumen pelaksanaan anggaran serta penyampaian pelaksanaannya kepada instansi yang telah ditentukan.
2. Penelaahan dan penilaian keserasian antara dokumen pelaksanaan anggaran dengan pelaksanaan di daerah.
3. Pemberian bimbingan teknis pelaksanaan dan penatausahaan anggaran.
4. Pemantauan realisasi pelaksanaan anggaran.
5. Pembinaan teknis sistem akuntansi.
6. Pelaksanaan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan pemerintah.
7. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan penyaluran dana perimbangan.
8. Pembinaan pengelolaan keuangan badan layanan umum (BLU).
9. Pembinaan pengelolaan penerimaan negara bukan pajak.
10. Pelaksanaan pengelolaan dana investasi dan pinjaman kepada daerah.
11. Pengawasan kewenangan dan pelaksanaan teknis perbendaharaan dan bendahara umum negara.
12. Pelaksanaan verifikasi atas pertanggungjawaban belanja program pensiun.
13. Verifikasi dan penatausahaan atas pertanggungjawaban dana Perhitungan Fihak Ketiga (PFK).
14. Pelaksanaan kehumasan.
15. Pelaksanaan administrasi Kantor Wilayah.
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) merupakan kantor vertikal yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendahraaan dan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan perundang-undangan, KPPN menyelenggarakan fungsi:
1. Penyiapan bahan pembinaan proses bisnis pelaksanaan tugas kuasa Bendahara Umum Negara pada KPPN.
2. Penyiapan bahan pembinaan proses bisnis pelayanan perbendaharaan.
3. Penyiapan bahan penilaian kinerja KPPN.
4. Monitoring dan evaluasi pemenuhan standar tata kelola KPPN.
5. Penyiapan bahan supervisi dan implementasi standar prosedur operasi aplikasi SPAN dan SAKTI.
6. Monitoring standardisasi infrastruktur dan SDM pendukung SPAN dan SAKTI.
7. Penyiapan bahan bimbingan teknis operasionalisasi aplikasi SPAN dan SAKTI.
8. Penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko, dan kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin pegawai di lingkungan Kantor Wilayah dan KPPN.
9. Penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan pemantauan tindak lanjut hasil pengawasan, dan perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis di lingkungan Kantor Wilayah.
Jejak Perbendaharaan di Provinsi Kepulauan Riau baru terbentuk pada tahun 1956. Kantor pertama yang dibangun adalah Central Kantoor Comptabiliteit (CKC) yang terletak di Jalan Diponegoro Kota Tanjungpinang. Pada tahun 1964 kantor ini berubah menjadi Kantor Pusat Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpinang. Beberapa tahun kemu- dian kantor ini berubah lagi menjadi Kantor Pembantu Bendahara Negara (KPBN) Tanjungpinang. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1970-an, perubahan nama terjadi lagi menjadi Kantor bendahara Negara (KBN) Tanjungpinang. perubahan masih terus berlanjut pada tahun 1980-an KBN dibagi menjadi 2 yaitu Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Tanjungpinang dan Kantor Kas Negara (KKN) Tanjungpinang.
Perubahan nama berikutnya setelah adalah Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Tanjungpinang pada tahun 1990 yang merupakan penggabungan dari Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) dan Kantor Kas Negara (KKN). Pada tahun 1992, di Kota Batam didirikan sebuah kantor ver- tikal DJPB yang saat itu bernama KPKN Batam. Perubahan terakhir terjadi pada tahun 2004, KPKN Tanjungpinang dan KPKN Batam diubah namanya menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpinang dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Batam dengan Keputusan Menteri Keuangan RI No.313/KMK.01/2014 tahun 2004. Perubahan dari KPKN menjadi KPPN tidak hanya pada perubahan nama saja. Perubahan tersebut diikuti dengan dipindahkan- nya fungsi ordonansering yang semula melekat pada KPKN ke Kementerian dan Lembaga.
Pada awalnya, KPPN Tanjungpinang dan KPPN Batam berada di bawah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau. Pada tahun 2014 dibentuklah Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau atas dasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal. Tepat pada tanggal 20 Januari 2014, kantor ini mulai beroperasi. Pendirian kantor ini dilakukan atas dasar Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor Per-1/PB/2014 bersama dengan dua Kantor Wilayah lainnya, yaitu Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Barat.
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau adalah sebuah kantor baru yang terbentuk pada 1 Januari 2014. Kantor ini berdiri atas dasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor 169 Tahun 2012.
Untuk sementara ini, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kepulauan Riau masih bertempat di kantor sementara:
Alamat | : | Jalan Sultan Muhammad Syah, Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau |
Kode Pos | : | 29124 |
Telepon/Fax Kanwil | : | (0771) 7335770 |
: | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. , Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. |
KPPN Tanjungpinang | ||
Alamat | : | Jalan Sultan Muhammad Syah, Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau |
Kode Pos | : | 29124 |
Telepon/Fax | : | (0771) 21009,21294 / (0771) 21644 |
: | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. | |
KPPN Batam | ||
Alamat | : | Jalan Raja Haji, Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau |
Kode Pos | : | 29425 |
Telepon/Fax | : | (0778) 324017 / (0778) 321740 |
: | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. |
Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau didukung oleh SDM sebagaimana tercantum dalam bagan sebagai berikut:
Statistik Kepegawaian
![]() |
Indra SoeparjantoKepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan RiauLahir di Semarang, 8 November 1971. Pangkat: Pembina Utama Muda (IV/c). Riwayat pendidikan : lulusan Sarjana Ekonomi Universitas Islam Jakarta tahun 1999 dan Magister Administrasi Pembangunan tahun 2005. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala Subdirektorat Manajemen Penerimaan dan Pengeluaran Kas, Direktorat Pengelolaan Kas Negara (2016 s.d. 2019), Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Utara (2019 s.d. 2021), Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (2021 s.d. Sekarang). |
|
![]() |
RosaldinaKepala Bagian Umum Kanwil DJPb Prov. Kepulauan RiauRosaldina Lahir di Medan, 21 Februari 1977. Pangkat : Pembina Tingkat I (IV/b). Riwayat pendidikan: Sarjana Ekonomi Universitas Sriwijaya tahun 2000, Master of Arts in Development Studies specialization Economics of Development dari Institute of Social Studies The Hague Netherland. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala Seksi Pengelolaan Rekening Lainnya Sumber Daya Alam dan Non Sumber Daya Alam Subdirektorat Manajemen Rekening Lainnya dan Pembinaan Pertanggungjawaban Bendahara, Direktorat Pengelolaan Kas Negara (2015 s.d. 2018), Kepala KPPN Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (2018 s.d 2021), Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (2021 s.d. 2022), Kepala Bagian Umum pada Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (2022 s.d. sekarang). |
|
![]() |
WahidinKepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPb Prov. Kepulauan RiauLahir di Pekalongan, 19 Oktober 1973. Pangkat : Pembina (IV/a). Riwayat pendidikan : Sarjana Ekonomi dari Universitas Riau Tahun 1999 dan Magister Ekonomi Financial dari Universitas Indonesia tahun 2009. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala KPPN Toli-Toli (2017 s.d. 2019), Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Prov. Gorontalo (2019 s.d. 2022), Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau (2022 s.d. Sekarang). |
|
![]() |
Kartika ChandraKepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPb Prov. Kepulauan RiauLahir di Medan, 5 Februari 1971. Pangkat : Pangkat Pembina (IV/a). Riwayat pendidikan : Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Universitas Riau Tahun 1995. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala Subbagian Keuangan, Bagian Umum, Kanwil DJPb Provinsi Riau (2016 s.d. 2017), Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sidikalang (2017 s.d. 2020), Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPb Provinsi Kepulauan Riau (2020 s.d. Sekarang). |
|
![]() |
Lia AmaliaKepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal Kanwil DJPb Prov. Kepulauan RiauLia Amalia Lahir di Bandung, 19 Februari 1972. Pangkat : Pembina (IV/a). Riwayat pendidikan: Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran tahun 2016. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran IIA, Bidang PPA II Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta (2016 s.d. 2020), Kepala KPPN Manna, Bengkulu (2020 s.d 2022), Kepala Bidang Supervisi KPPN dan Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (2022 s.d. sekarang). |
|
![]() |
AnggrainyKepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Prov. Kepulauan RiauAnggrainy Lahir di Bogor, 4 Februari 1976. Pangkat : Pembina (IV/a). Riwayat pendidikan: Sarjana Sosial dari Universitas Indonesia Tahun 2002, Magister Sains Program Studi Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Tahun 2009. Tiga jabatan terakhir adalah Kepala Seksi Peraturan PPh Orang Pribadi Direktorat Peraturan Perpajakan II (2015 s.d. 2021), Kepala Seksi Peraturan PPh Badan III Direktorat Peraturan Perpajakan II (2021 s.d. 2022), Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan pada Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Riau (2022 s.d. sekarang). |
|