Jl. P. Diponegoro No. 30A Medan

PETA STRATEGI KANWIL DJPb PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN 2023

 

Peta Strategi adalah sebuah dashboard yang memetakan sasaran strategis organisasi dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organsasi dalam mewujudkan visi dan misi. Peta strategi digunakan untuk menjabarkan strategi secara visulal, melalui sejumlah sasaran strategis yang terangkai dalam hubungan sebab akibat sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi.

Untuk mencapai tujuan organisasi, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara  selaku pemilik peta strategi mempunyai peta strategi tahun 2023 sebagaimana gambar diatas.

Peta strategi Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 menggunakan 4 perspektif yang dipetakan menjadi 10 Sasaran Strategis dengan  20 Indikator Kinerja Utama yang menjadi tolak ukur keberhasilan pencapaian sasaran strategi. Penjelasan lebih lanjut mengenai peta strategi adalah sebagai berikut :

1. Perspektif Stakeholder

Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang. Perspektif ini memiliki  satu sasaran strategis yaitu “Perbendaharaan Negara yang Optimal dan Akuntabel”.

2. Perspektif Customer

Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan/atau harapan organisasi terhadap customer.  Perspektif ini memiliki  satu sasaran strategis “Dukungan Manajemen yang Efektif.”

3. Perspektif Internal Process

Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain). Perspektif ini memiliki  5 sasaran strategis yaitu :

    1. Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan
    2. Pelaksanaan anggaran yang optimal
    3. Pengelolaan kas yang prudent, efektif, dan efisien
    4. Pertanggungjawaban keuangan negara yang transparan dan akuntabel
    5. Pembinaan pelaksanaan tugas khusus yang berkualitas

4. Perspektif Learning and Growth

Perspektif ini mencakup sasaran strategis yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder. Perspektif ini memiliki 3 sasaran strategis yaitu :

    1. Penguatan tata Kelola dan budaya kerja Kemenkeu Satu dalam ekosistem kolaboratif
    2. Organisasi dan SDM yang unggul dan adaptif
    3. Penguatan pengelolaan keuangan dan BMN yang andal

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search