Laporan Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige tahun 2021 disusun sebagai bentuk perwujudan pertanggungjawaban pelaksanaan kinerja dalam mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam Kontrak Kinerja 2021 dan sebagai kewajiban organisasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige untuk memenuhi amanat Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Reviu Atas Laporan Kinerja serta nota dinas Sekretaris DJPb nomor ND-ND- 29/PB.1/2022 tanggal 04 Januari 2022 hal Pelaporan Kinerja dan Achievement Tahun 2021 di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan senantiasa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat/mitra kerja/stakeholders/satuan kerja terutama dalam percepatan penyaluran dana APBN, penatausahaan seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaran negara serta penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBN. Sebagai institusi pelayanan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige mempunyai visi ‘Menjadi pengelola perbendaharaan negara di daerah yang profesional, modern, transparan, dan akuntabel’. Sehingga dalam menjalankan tugas, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige selalu berusaha memberikan kemampuan dan kapabilitas yang memadai, dilaksanakan secara terbuka sehingga semua pihak memperoleh informasi secara lengkap dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh stakeholder. Untuk mewujudkan visi tersebut, telah ditetapkan sepuluh sasaran kerja dan dijabarkan lebih lanjut dalam 20 Indikator Kinerja Utama (IKU).
Berdasarkan capaian target IKU 2021, hasil perhitungan capaian kinerja organisasi KPPN Balige adalah sebesar 108,14% dari target yang ditetapkan. Rincian pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) KPPN Balige Tahun 2021, adalah sebagai berikut:
- Nilai kualitas LK Kuasa BUN KPPN terealisasi sebesar 97,23 (target 94)
- Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN terealisasi sebesar 4,94 (target 4,64)
- Persentase penyelesaian SP2D secara tepat waktu terealisasi sebesar 99,4% (target 99,4%)
- Indeks efektivitas edukasi dan komunikasi terealisasi sebesar 87,67 (target 97,5)
- Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan terealisasi sebesar 38,10% (target 30%)
- Persentase tingkat implementasi Aplikasi SAKTI terealisasi sebesar 100% (target 100%)
- Persentase akurasi perencanaan kas KPPN terealisasi sebesar 100% (target 82%)
- Indeks efektivitas pengelolaan pengeluaran kas terealisasi sebesar 3,99 (target 3,15)
- Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L terealisasi sebesar 94,51 (target 89)
- Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa terealisasi sebesar 99,17 (target 90)
- Tingkat partisipasi pelaporan data capaian output satker terealisasi sebesar 100 (target 89)
- Persentase rekonsiliasi tingkat UAKPA secara tepat waktu dan andal terealisasi sebesar 100% (target 98,1%)
- Persentase LPJ Bendahara yang andal dan tepat waktu terealisasi sebesar 100% (target 98%)
- Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization terealisasi sebesar 93,12 (target 84)
- Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal terealisasi sebesar 96,39 (target 83)
- Nilai rata–rata hard competency pegawai terealisasi sebesar 90,25 (target 78)
- Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN terealisasi sebesar 96,63% (target 95,5%)
- Nilai kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB terealisasi sebesar 86,70 (target 82)
- Tingkat kualitas pengelolaan BMN terealisasi sebesar 112% (target 100%)
- Persentase penyelesaian implementasi Rencana Sistem Manajemen Keamanan Informasi terealisasi sebesar 100% (target 80%)
Secara umum Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Balige tidak mengalami kendala berkaitan dengan pencapaian kinerja secara organisasi meskipun dalam suasana pandemi covid-19. Untuk target yang masih dibawah target atau masih perlu ditingkatkan, Pimpinan akan membuat kebijakan baru untuk meningkatkan koordinasi dan pemantauan kepada seluruh pejabat dan pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mencapai target yang telah ditetapkan. Semua kebijakan dalam pencapaian target kinerja selalu dikoordinasikan dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Dan untuk menghadapi tahun 2021 pimpinan telah melakukan instruksi untuk menjalankan kebijakan-kebijakan tahun 2021 yang masih mendukung pencapaian kinerja tahun 2021, di samping itu untuk menyeimbangkan kekuatan dalam organisasi serta terbentuknya jabatan fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara, akan dilakukan mutasi internal agar setiap pegawai menpunyai banyak wawasan yang luas tentang pekerjaan yang ada di organisasi.
LAKIN KPPN Balige Tahun 2021 secara lengkap dapat diunduh pada tautan berikut.