>
Baturaja

Data & Publikasi

Artikel Pegawai KPPN Baturaja

Selamat Datang Tahun Baru 2022

Dua tahun ini adalah tahun yang penuh tantangan dari sisi ekonomi dan sosial. Kondisi pandemi yang menyeruak di akhir Triwulan I tahun 2020 membuat aktivitas dan mobilitas manusia menjadi sangat terbatas seiring dengan tuntutan penanggulangan penyebaran Covid-19.

Krisis ekonomi Indonesia menjadi jelas di depan mata karena berbagai indikator ekonomi terdepresiasi secara signifikan. Berbagai tindakan penanggulangan dilakukan. Mulai dari pemberian bantuan sosial dan berbagai stimulus dari sisi belanja dan fiskal pun dilakukan. Konsekuensinya adalah dilakukan pengurangan belanja dan penghematan di berbagai sisi anggaran.

Pemberian bantuan sosial di utamakan kepada masyarakat terdampak pandemi dan para penduduk miskin. Skenario belanja bantuan sosial melalui BLT dikerahkan karena memang masyarakat yang paling terdampak dan hanya belanja pemerintahlah yang dapat ditingkatkan dari komponen PDB.

Memasuki tahun 2021 berbagai penanganan pandemi yang dipacu pada tahun sebelumnya mulai menampakan hasil dengan meningkatnya jumlah orang yang telah divaksin. Mulai melonggar nya pembatasan pergerakan manusia membuat kegiatan ekonomi kembali mengeliat dan pelan-pelan merangkak naik.

Namun tidak hanya sisi gelap pandemi yang dapat kita dapati pada 2 tahun yang sangat menantang ini. Disisi teknologi informasi terjadi peningkatan pesat. Tantangan pembatasan mobilitas membuat adanya terminasi WFH menjadi sangat urgen.

Kondisi ini mendorong gebrakan besar dari sisi teknologi informasi yang harus digunakan untuk menjawab tantangan ini. Dirjen Perbendaharaan menjawab dengan penggunaan e-SPM yang sebelumnya sudah ada namun masih terasa jalan di tempat . Penggunaan e-SPM secara penuh membuat pelayanan KPPN tanpa adanya kedatangan mitra kerja ke ruang layanan KPPN menjadi niscaya. Berbagai penyempurnaan dalam penerapannya pun di pacu, baik dari sisi aplikasi maupun dari sisi dasar hukum penggunaannya sehingga dapat berjalan dengan baik.

Walau sangat berat, semua dapat di hadapi bersama. Semangat kita sebagai bangsa jangan mundur. Tantangan selanjutnya adalah memulihkan ekonomi. Insan perbendaharaan harus siap menghadapinya dan menjawab tantangan tersebut.

Selamat datang tahun 2022 dan selamat tinggal tahun 2021. Kami dari KPPN Baturaja siap dan semangat menghadapi tantangan. Semoga Tuhan selalu bersama kita dan melindungi Indonesia kita tercinta ini, Amin.

 

Penulis                 : Ellen Raduma

Jabatan                 : Kepala Seksi Bank

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

     

   Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
   Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
   Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
   Call Center: 14090
   Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN KEMENTERIAN KEUANGAN

 

MASUKAN/SARAN/PENGADUAN KPPN BATURAJA

 

 

 

Please publish modules in offcanvas position.