>
Baturaja

Berita

Seputar KPPN BATURAJA

KPPN Baturaja dan BPS Kab. OKU Bersinergi dalam Rangka Pembangunan Zona Integritas dan Pemanfaatan Data Perekonomian Regional

Senin, 17 Juli 2023. Kunjungan Kepala KPPN Baturaja, Tri Widiyono ke BPS Kabupaten OKU merupakan momen yang sangat berharga. Hal tersebut dirasakan oleh kedua pihak selaras dengan berkembangnya tugas dan fungsi masing-masing instansi dan hubungan kerja yang terjalin selama ini. Bertemu dengan Kepala BPS Kabupaten OKU, Mukti Riyadi di ruang kerjanya,  keduanya membincangkan sejumlah hal yang menjadi perhatian bersama. Secara garis besar pembicaraan meliputi pembangunan zona integritas dan  pemanfaatan data perekonomian regional.

Sesuai dengan core values aparat sipil negara yang dikemas dalam akronim BERAKHLAK, Instansi pemerintah harus berupaya meningkatkan akuntabilitas, kompetensi, dan kolaborasi serta tanggap dengan perkembangan yang terjadi pada lingkungannya untuk dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik. Upaya tersebut dikelola secara memadai melalui pembangunan zona integritas yang secara komprehensif akan menguatkan seluruh area yang mempengaruhi berjalannya pelayanan kepada masyarakat.

Segala upaya saat ini dihadapkan kepada perubahan lingkungan yang terjadi dengan cepat di segala sisi baik di tingkat global maupun regional. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dan dijawab dengan sumber daya yang ada. Sinergi yang baik antar instansi pemerintah bisa menjadi strategi yang penting dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada untuk memberikan pelayanan yang lebih berdaya guna bagi masyarakat.  

Dalam bingkai tersebut, KPPN dan BPS sebagai instansi yang memiliki data penting yang berhubungan dengan ekonomi regional menyadari perlunya melakukan kolaborasi secara konkrit. KPPN mempunyai data perekonomian dari aspek keuangan, sedangkan BPS mempunyai data perekonomian dari sejumlah aspek lainnya. Dengan kualitas analisis yang memadai maka data-data tersebut berpotensi dapat diolah menjadi data perekonomian yang lebih berguna bagi daerah.

Dengan pemahaman tersebut dan kesadaran masih perlunya meningkatkan kapasitas secara bersama dalam mengembangkan analisis data perekonomian regional, KPPN dan BPS bersepakat untuk menjalin kerja sama. Pada tahap awal, kesepakatan tersebut akan dituangkan dalam MoU mengenai Kerja Sama Pembangunan Zona Integritas dan Pemanfaatan Data Perekonomian Regional.

Pertemuan yang berlangsung dengan akrab tetapi cukup  fokus tersebut telah memberikan insight yang diharapkan dapat ditindaklanjuti dan memberikan hal positif bagi kemajuan bersama.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

     

   Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
   Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
   Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
   Call Center: 14090
   Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN KEMENTERIAN KEUANGAN

 

MASUKAN/SARAN/PENGADUAN KPPN BATURAJA

 

 

 

Please publish modules in offcanvas position.