>
Baturaja

Berita

Seputar KPPN BATURAJA

Island of Integrity: Penandatanganan Nota Kesepahaman Pembangunan Zona Integritas (WBK/WBBM) dan Pemanfaatan Data Statistik Ekonomi dan Keuangan Regional antara KPPN Baturaja dengan BPS Kabupaten Ogan Komering Ulu

KPPN Baturaja adalah salah satu instansi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) sejak tahun 2020, dan pada tahun 2023 ditetapkan untuk mengikuti penilaian unit kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Salah satu upaya yang dilakukan KPPN Baturaja dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBBM adalah dengan menyebarkan virus zona integritas kepada seluruh stakeholders.

Sejalan hal tersebut, KPPN Baturaja menginisiasi kerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ulu (BPS Kab. OKU) yang pada tahun 2023 juga tengah dalam proses penilaian meraih predikat WBK. Pada hari Rabu (02/08/2023), KPPN Baturaja mengadakan pertemuan bersama BPS Kab. OKU dengan agenda penguatan koordinasi dalam pembangunan ZI menuju WBK/WBBM. Bertempat di ruang rapat BPS Kab. OKU, Kepala KPPN Baturaja Bapak Tri Widiyono menyampaikan ucapan terima kasih atas respon positif BPS Kab. OKU atas rencana kerjasama kedua belah pihak. Dalam sambutannya, Bapak Tri Widiyono juga menambahkan bahwa KPPN Baturaja mempunyai kewajiban untuk menyebarkan virus integritas ke seluruh stakeholders di wilayah Kabupaten OKU Raya. Penyebaran virus integritas ini merupakan bagian dari konsep Island of Integrity yang biasa digunakan oleh instansi pemerintah maupun non-pemerintah untuk menunjukkan semangatnya dalam pemberantasan dan pencegahan tindak pidana korupsi. Pada kesempatan tersebut, tim KPPN Baturaja menyampaikan paparan mengenai pembangunan zona integritas yang telah dibangun serta berbagi pengalaman dan kiat-kiat yang harus dimiliki instansi dalam proses mewujudkan WBK.

Di sisi lain, untuk mendukung  fungsi sebagai treasurer, regional chief economist dan finansial advisor, KPPN Baturaja membutuhkan support dari BPS Kab. OKU sebagai penyedia data statistik berkualitas khususnya dibidang ekonomi regional. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia terkait pengelolaan dan pemanfaatan data analytic, KPPN Baturaja juga perlu menyusun kurikulum sharing knowledge bersama  dengan BPS Kab. OKU.

Berdasarkan urgensi hal-hal di atas, kedua belah pihak sepakat menjalin kerjasama yang dituangkan dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pendampingan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) dan Pemanfaatan Data Statistik Ekonomi dan Keuangan Regional.

Saat menutup acara, Kepala BPS Kab. OKU, Bapak Mukti Riadi menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi gerbang untuk membangun sinergitas dan kolaborasi antar kedua instansi serta dapat menjadi pemantik semangat dan kesiapan BPS Kab. OKU untuk meraih predikat WBK.

 

 

#DJPbHandal

#InTress

#InTressHandal

#KPPNBaturaja

#WBBM2023

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

     

   Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
   Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
   Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
   Call Center: 14090
   Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN KEMENTERIAN KEUANGAN

 

MASUKAN/SARAN/PENGADUAN KPPN BATURAJA

 

 

 

Please publish modules in offcanvas position.