>
Baturaja

Berita

Seputar KPPN BATURAJA

Sinergi: KPPN Baturaja dan BPS Kabupaten OKU Gelar FGD Data Analytics Ekonomi Regional

KPPN Baturaja telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) data analytics ekonomi regional pada hari Kamis, 24 Agustus 2023, bertempat di Aula KPPN Baturaja jalan DI Panjaitan No.471 Baturaja. FGD mengambil tema “Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Analisis Leading Sektor”, dengan narasumber berasal dari institusi pemerintah pusat yang bertanggungjawab terhadap pengolahan dan penyajian data pertumbuhan ekonomi regional di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yaitu Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Baturaja Bapak Tri Widiyono menyampaikan bahwa FGD data analytics ekonomi regional merupakan bagian dari implementasi standardisasi kegiatan manajemen KPPN yang bertujuan untuk memperkuat kapasitas perbendaharaan dalam rangka mendukung peran sebagai Treasury, Regional Economist dan Financial Advisor di daerah. Terselenggaranya kegiatan ini merupakan perwujudan dari keberlanjutan kesepakatan bersama dengan BPS Kabupaten OKU yang ditandatangani pada awal agustus (02/08/2023) untuk saling mengisi terkait tugas fungsi yang bersinggungan.

Pada kesempatan itu, Kepala BPS Kabupaten OKU Bapak Mukti Riadi menyambut baik terselenggaranya kegiatan  FGD data analytics ekonomi regional ini. Menurut beliau tema yang diambil yaitu PDRB atau dalam skala nasional disebut Produk Domestik Bruto (PDB), memiliki turunan-turunan sub tema yang menarik untuk dibahas lebih jauh lagi seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, indeks pembangunan manusia, dan lain sebagainya. Oleh karena itu butuh waktu yang tidak sebentar untuk memahami filosofi, teknik penghitungan dan teknik analisis. Oleh karena itu alangkah baiknya perlu merumuskan kurikulum yang baik sebagai materi pembahasan FGD berikutnya agar transfer knowledge berlangsung dengan baik dan dapat dipahami.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Mitra Larasaty Adami, seorang fungsional statistisi muda.Secara lugas disampaikan overview terkait PDRB beserta pendekatan penghitungannya, analisis subsektor unggulan komparatif, analisis shift share keunggulan kompetitif, serta penjelasan indikator makro lainnya.

Pada akhir kegiatan, dilakukan penyerahan cindera mata dari KPPN Baturaja ke BPS Kabupaten OKU berupa plakat sebagai bentuk tanda persahabatan kedua instansi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

     

   Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
   Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
   Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
   Call Center: 14090
   Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN KEMENTERIAN KEUANGAN

 

MASUKAN/SARAN/PENGADUAN KPPN BATURAJA

 

 

 

Please publish modules in offcanvas position.