>
Baturaja

Berita

Seputar KPPN BATURAJA

Island Of Integrity: Sharing Session Pembangunan ZI dengan BPN OKU Timur

Kamis, 31 Agustus 2023, di sela pelaksanaan tusi kantor yang cukup padat, Kantor Pertanahan Kab. OKU Timur bekerja sama dengan KPPN Baturaja menyelenggarakan kegiatan internalisasi pembangunan zona integritas. Kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dilaksanakan di ruang rapat Kantah Kab. OKU Timur diikuti oleh para pegawai.

Acara dibuka oleh Kepala Kantah Kab. OKU Timur, Mahyuddin, S.SiT., M.Si. Dalam sambutannya, Mahyuddin menyampaikan profil Kantah OKU Timur dan proses pembangunan ZI yang tengah dilaksanakan. Kantah OKU Timur Pada tahun 2023 mempunyai target kegiatan PTSL sebanyak 11.000 sertifikat tanah, sebuah target yang besar dan sangat menantang. Pembangunan ZI sangat strategis dalam mendukung upaya mencapai target tersebut. Sejumlah prestasi kinerja telah diraih oleh Kantah OKU Timur, hanya saja belum diusulkan untuk mengikuti penilaian WBK tingkat nasional.

Selanjutnya, bertindak sebagai narasumber adalah Tri Widiyono, S.Kom., MM., Kepala KPPN Baturaja. Tri Widiyono menyampaikan terima kasih telah dipercaya dan diundang untuk sharing pembangunan zona integritas. Sudah menjadi komitmen KPPN sebagai unit kerja yang berpredikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) untuk menyampaikan zona integritas kepada lingkungannya agar terbentuk ‘island of integrity’ pada instansi pemerintah. Hal ini juga merupakan bagian upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh KPPN Baturaja untuk menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Dalam acara yang berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam, narasumber memaparkan proses pembangunan ZI di KPPN Baturaja. Pencanangan ZI telah dilakukan sejak 2017, sedangkan predikat WBK diraih  pada 2020, dan saat ini sedang mengikuti penilaian WBBM tingkat nasional. Disampaikan dalam kesempatan tersebut, hal-hal penting ZI dari pembentukan Tim kerja, penyusunan rencana kerja, target-target prioritas, area-area pengungkit ZI, budaya kerja, dan strategi pelaksanaan pembangunan ZI. Penting diketahui juga bahwa salah satu kriteria untuk penilaian nasional adalah terkait nilai kinerja organisasi yang tidak boleh turun. Dalam sesi tanya jawab, Kantah OKU Timur menyampaikan adanya kendala untuk memenuhi sarana prasarana karena keterbatasan anggaran. Menanggapi hal tersebut, disarankan agar Kantah memaksimalkan sarpras yang sudah ada dengan anggaran yang tersedia, sambil tetap mengupayakan kebutuhan anggaran ke pusat.

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih dari Kantor Pertanahan atas sharing ZI yang disampaikan KPPN Baturaja. Banyak hal telah disampaikan secara komprehensif dan beberapa kegiatan akan dapat langsung diaplikasikan di Kantah OKU Timur. Diharapkan  pada kesempatan yang akan datang, Kantah OKU Timur dapat diusulkan untuk mengikuti penilaian WBK ke tingkat nasional.

WBK/WBBM yess.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

     

   Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
   Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
   Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
   Call Center: 14090
   Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

SALURAN PENGADUAN KEMENTERIAN KEUANGAN

 

MASUKAN/SARAN/PENGADUAN KPPN BATURAJA

 

 

 

Please publish modules in offcanvas position.