Sen - Jum 08:00 s.d. 17:00

Berita

Berita KPPN Bukittinggi

Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun Anggaran 2021

Senin, 18 Oktober 2021 KPPN Bukittinggi mengadakan Pelaksanaan Sosialisasi Perdirjen Nomor PER-9/PB/2021 Pedoman Pelaksanaan Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun Anggaran 2021 untuk Satuan Kerja lingkup KPPN Bukittinggi. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan agar satuan kerja mitra kerja KPPN Bukittinggi memahami hal-hal yang harus dipersiapkan terkait dengan pengelolaan anggaran dalam rangka menghadapi akhir tahun anggaran 2021, dan meningkatkan koordinasi antara KPPN dengan satuan kerja terkait dengan pencairan dana pada akhir tahun anggaran 2021. Sosialisasi juga dilaksanakan untuk memitigasi dampak pandemi COVID-19 pada keuangan negara di akhir tahun anggaran 2021 khususnya bagi satker lingkup pelayanan KPPN Bukittinggi.

 

Acara dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan kata sambutan serta arahan dari Bapak Henry Rulinson Purba selaku Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi. Dalam kata sambutannya, Kepala KPPN Bukittinggi menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan Sosialisasi sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan terkait, agar terdapat persamaan persepsi dalam pelaksanaan anggaran menjelang akhir TA 2021 antara mitra kerja dengan KPPN Bukittinggi selaku Kuasa BUN di daerah. Dalam kesempatan ini Kepala KPPN Bukittinggi menyampaikan bahwa KPPN Bukittinggi telah meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan kerjanya sebagai instansi Zona Integritas dengan terus mengupayakan reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Berkaitan dengan hal ini, disampaikan bahwa seluruh pelayanan dan proses bisnis di KPPN Bukittinggi menggunakan sistem zero-cost service atau pelayanan bebas biaya. Seluruh ASN dan PPNPN di lingkup KPPN Bukittinggi telah menjaga integritas dengan komitmen anti-gratifikasi, dan Kepala KPPN Bukittinggi mengimbau agar stakeholder turut mendukung penuh komitmen anti-gratifikasi di wilayah KPPN Bukittinggi.

Selanjutnya agenda pemaparan materi diambil alih oleh moderator yaitu Bapak Rizal selaku Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal KPPN Bukittinggi. Kepala Seksi MSKI KPPN Bukittinggi menyampaikan gambaran umum terkait persiapan mengenai langkah-langkah akhir tahun anggaran 2021.

 

Materi sosialisasi disampaikan oleh empat orang narasumber yaitu Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Bukittinggi, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Bukittinggi, Pembina Teknis Perbendaharaan Negara KPPN Bukittinggi, dan pelaksana seksi MSKI KPPN Bukittinggi. Materi yang disampaikan diantaranya adalah tata cara penyampaian dan syarat pengajuan dokumen tagihan termasuk batas-batas waktu yang perlu diperhatikan dalam pengeluaran serta akuntansi dan pelaporan pada akhir tahun 2021. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan materi terkait sistem pengadaan barang dan jasa secara online untuk instansi pemerintah yaitu Marketplace dan Digipay, termasuk himbauan kepada satker KPPN Bukittinggi untuk menyampaikan pendaftaran admin user melalui Customer Service Officer.

Sebelum kegiatan sosialisasi ditutup, Moderator mempersilahkan peserta untuk bertanya dan Narasumber langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Semoga seluruh stakeholders dan keluarga besar KPPN Bukittinggi dapat menghadapi akhir tahun anggaran 2021 dengan sehat, semangat, ceria dan sukses! :) 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Kementerien Keuangan RI
Direktorat Jenderal Perbendaharaan
 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bukittinggi
Jl. Profesor Hazairin No. 1 Bukittinggi
Tel : 0752 - 21255, 21306  Fax : 0752-21306
email : kppnbkt9@gmail.com

 

IKUTI KAMI

 

Search