Jakarta

Berita

Seputar KPPN

FGD DIALOG KINERJA INDIVIDU (DKI) SEMESTER I TAHUN 2018

     Pada hari Jumat tanggal 23 Maret 2018 bertempat di aula KPPN Jakarta IV dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) tentang Dialog Kinerja Individu (DKI) semester I tahun 2018. FGD ini dilaksanakan sebagai salah satu tindak lanjut dari surat Direktur Jenderal Perbendaharaan S-2233/PB.12/2018 tanggal 7 Maret 2018 tentang Pelaporan Dialog Kinerja Individu Semester I Tahun 2018 di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharan. Pada acara yang dilaksankan sore hari itu dihadiri oleh Kepala Kantor KPPN Jakarta IV, Kasubbag dan Kepala Seksi serta beberapa staf dari masing-masing seksi. FGD dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi bimbingan secara teknis kepada para Kepala Seksi dan staf KPPN Jakarta IV bagaimana cara pengisian Dialog Kinerja Individu (DKI) menggunakan aplikasi e-Performance, karena berdasarkan surat edaran Menteri Keuangan nomor SE-34/MK.1/2017 tanggal 24 Oktober 2017 tentang Penialaian Kinerja Semester II tahun 2017 dan Pelaporan Dialog Kinerja Individu Periode I tahun 2018 di Lingkungan Kementerian Keuangan setiap pegawai diwajibkan melakukan pengisian dialog kinerja individu. 

     Acara diawali dengan penjelasan singkat mengenai Dialog Kinerja Individu (DKI) yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan langkah-langkah pengisian Dialog Kinerja Individu (DKI) dalam aplikasi  e-Performance. Kemudian dilanjutkan dengan pengisian dialog kinerja individu bagi bawahan atau staf. Ada 2 bagian yang harus diisi oleh seorang bawahan, yang pertama adalah pengisian penjelasan capaian semester II tahun 2017 dan yang kedua adalah pengisian kesepakatan rencana aksi semester I tahun 2018. Berbeda dengan seorang bawahan, ada tujuh poin yang harus diisi oleh seorang atasan, diantara adalah, evaluasi rencana aksi semester II tahun 2017, pengisian resume kinerja tahun 2017, verifikasi rencana aksi semester I tahun 2018, evaluasi pelaksanaan rekomendasi pengembangan kompetensi semester II tahun 2017, pengisian resume pengembangan kompetensi tahun 2017, pengisian rekomendasi pengembangan kompetensi semester I tahun 2018 dan input usulan training. Selain dipaparkan bagaimana cara pengisiiannya, dalam acara ini juga dipraktikkan secara langsung bagaimana mengisi dialog kinerja individu baik bagi bawahan maupun atasan oleh salah staf subbagian umum. Di sesi terakhir pemaparan, para kepala seksi dan staf diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab untuk memperdalam materi tentang cara pengisian dialog kinerja individu (DKI) ini.

     Acara FGD kali ini diakhiri oleh sedikit wejangan dari Kepala Kantor KPPN Jakarta 4 yang sedikit menjelaskan beberapa manfaat dari adanya dialog kinerja individu, di antaranya adalah terpetakannya potensi/kompetensi pegawai yang bisa digunakan sebagai alat perencanaan pengembangan pegawai, terwujudnya interakasi positif antara atasan langsung dan bawahan dan tujuan yang terpenting adalah dialog kinerja individu diharapkan mampu menigkatkan kinerja individu.[GP]   

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search