Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Focus Group Discussion “Menjadi Ahli Keuangan Negara”

 

Pada tanggal 23 Mei 2018, bertempat di Ruang Rapat Direktorat Sistem Perbendaharaan dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion. Adapun tema dari kegiatan tersebut adalah “Menjadi Ahli Keuangan Negara”. Adapun pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Prof. Dr. Djafar Suadi, S.H., M.H., guru besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar, Dr. W. Ridwan Tjandra, S.H., M.Hum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, serta Teuku Nasrullah, S.H., M.H., dari Kantor advokat Nasrullah, S.H., & Partners. Adapaun yang bertindak sebagai moderator adalah Fauzi Syamsuri, Kepala KPPN Jakarta IV. Peserta acara tersebut adalah anggota Forum Komunikasi Keuangan Negara (FKKN) Kantor Pusat DJPb dan Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta.

Prof. Muhammad Djafar mengulas tantang Hukum Keuangan Negara, Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, Kerugian Keuangan Negara, dan Pengembalian Kerugian Keuangan Negara. Selanjutnya Dr. Ridwan membahas pengertian Saksi Ahli, Keterangan saksi ahli sebagai alat bukti, makna saksi ahli, ahli menurut Federal Rules of Evidence, etika ahli, implikasi ahli menurut MK, dan ahli di bidang hukum administrasi dan hukum keuangan Negara. Yang terakhir Teuku Nasrullah lebih menukik pada tataran implementasi baik itu sewaktu penyidikan, penyelidikan maupun persidangan/ penuntutan. Prinsip-prinsip yang harus dipegang oleh ahli, persiapan ahli sampai dengan teknis bersikap dan mengemukakan kolom pendapat.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00WIB ditutup resmi oleh Direktur Sistem Perbendaharaan pada pukul 13.30 WIB. Beliau berpesan dan berharap agar tujuan acara FGD ini dapat dicapai yaitu memperoleh sharing pengalaman dari para ahli, memberikan semangat, motivasi, persepsi serta pemahaman mengenai hal yang berkaitan dengan Ahli Keuangan Negara baik itu untuk kepentingan pelaksanaan tugas maupun dalam penyelesaian tindak pidana korupsi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search