Jakarta

Berita

Seputar KPPN

FGD: Strategi Penyelesaian Akhir Tahun Untuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)

Bertempat di lantai 4 Gedung KPPN Djuanda, pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2018 diadakan focus group discussion bagi pejabat komitmen yang alokasi dana belanja barang dan belanja modalnya besar dan realisasinya masih belum begitu signifikan. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga penyerapan belanja maupun kualitas belanja dan mengendalikan agar pengajuan SPM khusunya di bulan Desember tidak tertumpuk menjelang deadline tutup tahun. Adapun langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memilah data realisasi dan pagu yang mempunyai alokasi besar serta mengelompokkannya sesuai dengan rumpun kegiatan. Pada hari pertama dikhususkan untuk PPK yang berasal dari Kementerian Perhubungan, sementara di hari kedua bagi PPK dari satker satker di luar Kementerian Keuangan.

Acara dipimpin langsung oleh Kepala KPPN Jakarta IV dengan memaparkan data-data pelaksanaan anggaran belanja barang dan modal serta batasan batasan di akhir tahun. Kepala Seksi pencairan dana juga memberikan hal hal teknis dengan proses pencairan dana. Dengan pemaparan tersebut diharapkan dapat memancing pendapat maupun opini dari peserta khususnya tentang permasalahan yang dihadapi sehingga dapat diberikan solusi untuk mengatasinya. Peserta sangat mengapresiasi acara tersebut. Hampir seluruh peserta yang di undang hadir sehingga kursi yang disediakan penuh. Bahkan beberapa PPK yang sedianya tidak masuk dalam daftar undangan juga menghadiri kegiatan tersebut dengan seijin panitia.

Setelah diberikan paparan, hampir semua peserta member pertanyaan yang ada kaitannya dengan permasalahan permasalahan yang dihadapi. Tim KPPNJakarta IV menanggapi pertanyaan atau konfirmasi tersebut sesuai dengan tugas dan kapasitasnya. Beberapa peserta juga turut memberikan pandangan sehingga suasana menjadi sangat interaktif dan dialogis. Seluruh peserta merasa senang dengan adanya kegiatan ini, karena selama ini merasa kurang merasa terperhatikan. Mereka merasa yang menjadi titik perhatian adalah PPSPM danBendahara. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini menjadi langkah antisipatif yang sangat positif dalam menghadapi kegiatan akhir tahun.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search