Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Ujian Sertifikasi Bendahara Gelombang 1 Tahun 2019

Sesuai Nota Dinas dari Direktorat Sistem Perbendaharaan nomor ND-212/PB.7/2019 tanggal 6 Februari 2019, KPPN Jakarta IV mendapat jadwal pelaksanaan Ujian Sertifikasi Bendahara gelombang pertama tahun 2019, yang dilaksanakan pada hari Senin, 18 Februari 2019 dan diikuti oleh 5 orang Bendahara satuan kerja mitra kerja KPPN Jakarta IV. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak Rachmat selaku Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) KPPN Jakarta IV yang mewakili kepala kantor selaku Unit Pelaksana Sertifikat (UPS). Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar Bendahara mempunyai kompetensi dengan standar yang sama baiknya, sehingga memerlukan adanya sertifikasi.

            Sebelum pelaksanaan ujian, disampaikan review materi oleh Ibu Jaiyun yang telah disediakan oleh Direktorat Sistem Perbendaharaan. Review materi kepada peserta ini bertujuan agar peserta memahami pokok-pokok materi/subtansi kebendaharaan secara menyeluruh mulai dari regulasi, proses bisnis, sampai dengan teknis penggunaan teknologi serta aplikasi yang digunakan. Materi yang disampaikan secara garis besar adalah mengenai pejabat perbendaharaan dan penetapannya, pengarsipan, SAS Modul BP, pembukuan bendahara, LPJ Bendahara rekonsiliasi internal sampai dengan pengenalan lembaga pengadaan secara elektronik.

Ujian Sertifikasi Bendahara dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan waktu 60 menit yang terdiri dari 60 soal ujian pilihan ganda. Ujian sertifikasi Bendahara ini berbasis Computer-based Test (CBT) dan dikerjakan melalui aplikasi SIMSERBA (Sistem Informasi Manajemen Sertifikasi Bendahara). Sehingga ketika ujian selesai dilaksanakan, hasil ujian akan langsung tampil pada layar masing-masing peserta. Setelah dilakukan ujian, hasil Ujian Sertifikasi Bendahara gelombang pertama ini memberikan hasil yang pada umumnya telah memenuhi syarat.

            Selanjutnya, pada saat penutupan kegiatan pelaksanaan Ujian Sertifikasi Bendahara, KPPN Jakarta IV menghimbau untuk dapat mengisi data pejabat perbendaharaanya pada link bit.ly/pendataanjakarta , sesuai dengan surat kepala KPPN IV nomor S-298/WPB.12/KP.04/2019 tanggal 10 Januari 2019 dan surat nomor S-810/WPB.12/KP.04.2019 tanggal 31 Januari 2019, dalam rangka persiapan inpassing jabatan Fungsional Bidang Perbendaharaan yang akan dilaksanakan oleh Direktorat Sistem Perbendaharaan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search