Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Sosialisasi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Pembahasan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga Tahun 2019

Memasuki akhir triwulan pertama Tahun Anggaran  2019, KPPN Jakarta IV melaksanakan kegiatan Sosialisasi  Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Pembahasan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga Tahun 2019 bertempat di Aula Lantai VI, Selasa (12/03).

Kegiatan ini bersamaan dengan pemberian penghargaan bagi Satker mitra kerja KPPN Jakarta IV dengan Penilaian Indikator Pelaksanaan Anggaran Terbaik Tahun Anggaran 2018. Sosialisasi ini terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pagi yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB dan sesi siang dimulai pukul 13.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

Pelaksanaan sosialisasi sesi pagi dibuka oleh Kepala KPPN Jakarta IV, Bapak  Fauzi Syamsuri sekaligus memberikan sambutan.  Dalam sambutannya di hadapan perwakilan satker yang telah hadir, Bapak Fauzi memberikan arahan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka menghadapi pelaksanaan anggaran di tahun  2019. Selain itu, kegiatan ini membahas evaluasi pelaksanaan di tahun 2018, salah satunya telah melakukan uji coba terkait dengan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) bagi beberapa satker mitra kerja karena pada tahun 2019 penggunaan Kartu Kredit Pemerintah wajib untuk satker mitra kerja. Di tahun 2018 retur menjadi masalah yang selalu ada menghiasi pelaksanaan APBN. Oleh karena itu, diharapkan retur dapat diminimalisir di Tahun Anggaran 2019 demi meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran. Terakhir, kepada satker mitra kerja yang memperoleh penghargaan atas pencapaian IKPA di tahun 2018, agar memacu satker dalam pelaksanaan anggaran yang lebih baik ditiap tahunnya.

Penghargaan Penilaian IKPA kepada satker mitra kerja terbagi atas 4 kategori. Untuk peringkat 3 besar IKPA terbaik Tahun 2018 kategori Pagu Besar diperoleh oleh Kantor Pusat Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan, Sekretariat Utama Badan Standarisasi Nasional dan Distrik Navigasi Tanjung Priok. Peringkat 3 besar kategori Pagu Sedang diperoleh oleh Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta, Perwakilan BPKP Provinsi Banten, Pengembangan Dan Peningkatan Fasilitas Keselamatan Perkeretaapian. Peringkat 3 besar kategori Pagu Kecil diperoleh oleh Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Timur, Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, dan Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta.

Dan pada sesi siang, diberikan penghargaan untuk peringkat 3 besar kategori Penilaian IKPA Lingkup Kementerian Pertahanan diperoleh oleh PUSPOMAD, PUSINTELAD, dan DITKUAD. Dalam acara ini juga diberikan penghargaan berupa Kartu Prioritas dengan penilaian IKPA terbaik Tahun Anggaran 2018 dari seluruh mitra kerja KPPN Jakarta IV kepada Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta. Penghargaan secara langsung diserahkan oleh Kepala Kantor KPPN Jakarta IV, Bapak Fauzi Syamsuri.

 

Kegiatan inti dari acara pada pagi dan siang hari adalah Sosialisasi  Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 dan Pembahasan Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/ Lembaga Tahun 2019 yang dibawakan oleh para Kepala Seksi di KPPN Jakarta IV dan Staf dari masing-masing Seksi yang terbagi menjadi 5 pembicara setiap sesinya. Point penting yang disampaikan adalah berkaitan adanya perubahan mekanisme pembayaran dengan UP dimana proporsi UP terbagi menjadi 60% uang Tunai dan 40% uang Kredit (KKP) yang telah diatur dalam PMK Nomor 178/PMK.05/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 Tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja dan Negara. Dan adanya PMK Nomor 196/PMK.05/2018 Tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah memperlihatkan bahwa penggunaan UP KKP dilaksanakan mulai Semester ke-2 tahun 2019. Selain itu terdapat materi lain yang disampaikan seperti retur, LPJ, dan Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian/Lembaga menjadi bahan yang perlu perhatian lebih mengingat demi kelancaran, efektif, dan efisiensi pelaksanaan anggaran di Tahun Anggaran 2019.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search