Rabu, 18 Juli 2018
Hal-hal baik yang telah dibangun dan dikembangkan dalam rangka penilaian kantor pelayanan terbaik hendaknya tidak berhenti disini, akan tetapi terus dipelihara dan dijaga serta ditingkatkan agar manajemen pengelolaan kantor yang bagus ini dapat menjadi contoh bagi kantor lain. Demikian salah satu cuplikan kalimat yang disampaikan oleh tim penilai yang disampaikan pada acara Penilaian Awal Kantor Pelayanan Terbaik Lingkup Kementerian Keuangan Tahun 2018 pada KPPN Klaten yang diselenggarakan pada tanggal 18 Juli 2018 di Aula KPPN Klaten.
Acara yang juga dihadiri oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah beserta jajaran dan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Ditjen Perbendaharaan, bertujuan untuk melakukan penilaian awal dan observasi serta verfikasi terhadap KPPN Klaten sebagai calon kantor pelayanan terbaik tingkat Kementerian Keuangan. Penilaian dilakukan oleh tim penilai yang dibentuk oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan.
Sebelum acara dimulai, Yuni Wibawa, Plt.Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kata sambutan singkat. Dalam sambutannya, beliau menceritakan kronologis pengusulan hingga penetapan KPPN Klaten untuk mewakili Kanwil Ditjen Perbendaharan Provinsi Jawa Tengah dalam Kontes Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik. Selain itu kepala kanwil juga mengapresiasi jajaran KPPN Klaten yang telah bekerja keras membangun budaya pelayanan prima kepada stakeholder. Selanjutnya beliau berpesan agar hal-hal baik dan positif yang sudah dibangun selama ini dapat diinformasikan dan dibagikan kepada stakeholders.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Tim Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tingkat Kementerian Keuangan yang diketuai oleh Wardjianto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Organisasi dan Ketatalaksanaan II, Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Dalam paparannya, KPPN Klaten merupakan salah satu dari 3 kantor pelayanan (KPPN) di lingkungan Ditjen Perbendaharaan yang akan dilakukan penilaian sebagai kantor pelayanan terbaik. Indikator penilaian kantor pelayanan terbaik ini meliputi Integritas, Pelayanan, Inovasi serta Prestasi yang diraih oleh kantor pelayanan. Penilaian tersebut sesuai dengan yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 164 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik dan Kanwil Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Kemudian acara dilanjutkan dengan persentasi dari Yoyok Yulianto, Kepala KPPN Klaten serta dilanjutkan dengan tanya jawab. Acara tersebut diakhiri dengan sambutan Kepala Bagian Organisasi dan Tatalaksana Sekretariat Ditjen Perbendaharaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh Tim Penilaian Kantor Pelayanan Terbaik Tingkat Kementerian Keuangan, Kepala KPPN Klaten dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah.