Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi Perekaman Informasi TKDN pada Aplikasi Sakti dalam rangka Implementasi P3DN

      Sosialisasi Perekaman Informasi TKDN pada Aplikasi Sakti dalam rangka Implementasi P3DN dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 November 2022 via Zoom Meeting. Peserta sosialisasi adalah seluruh satker mitra kerja KPPN Klaten. Sosialisasi dibuka dan dipandu oleh bapak Tedy Hendrianto dan pemaparan materi disampaikan oleh bapak Joko Hartanto, Pejabat Fungsional Pembina Teknis Perbendaharaan Negara.

      Pemaparan dimulai dengan menjelaskan apa itu P3DN. Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) merupakan upaya Pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor. Tujuan P3DN diantaranya yaitu 1) meningkatkan penggunaan produk dalam negeri oleh pemerintah, badan usaha, dan masyarakat; 2) memberdayakan industri dalam negeri melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan kepada produk impor, dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri; dan 3) memperkuat struktur industri dengan meningkatkan penggunaan barang modal, bahan baku, komponen, teknologi dan SDM dari dalam negeri.

      Pemaparan berikutnya adalah mengenai manfaat Strategis P3DN diantaranya yaitu : 1) Memberikan multiplier effect: menciptakan lapangan pekerjaan, menggerakkan sektor ekonomi lain, menumbuhkan industri kecil menengah; 2)Memastikan keamanan dan kualitas dari suatu produk dengan meminimalkan risiko dari tidak teridentifikasinya keaslian dari suatu produk; 3) Meningkatkan nilai tambah dari suatu produk Indonesia dengan bersumber dari bahan baku local yang berarti meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global; 4)Meningkatkan utilisasi/penggunaan Produk Dalam Negeri dan menumbuhkan kemandirian bangsa.

      Kemudian disampaikan pula dasar hukum dari P3DN, kewajiban P3DN, Implementasi Kebijakan P3DN, Implementasi pada aplikasi Sakti, dan konsepsi awal P3DN, dan konsep P3DN diaplikasi Sakti.

      Kemudian dilanjutkan tata cara Perekaman Informasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada aplikasi sakti. Praktek perekaman diikuti peserta zoom dengan masing masing membuka aplikasi sakti modul komitmen. Informasi yang direkam pada aplikasi SAKTI terkait dengan TKDN dimaksud berupa: a.Informasi PersentaseTKDN, b. Informasi Cluster TKDN (TKDN/Produk Dalam Negeri (PDN)/Impor), dan c. Klasifikasi Baku Komoditas Indonesia (KBKI)

      Di akhir pemaparan, bapak Joko menyampaikan bahwa informasi TKDN yang direkam satker merupakan informasi yang sangat berguna bagi pimpinan tinggi dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan P3DN.

      Materi Sosialisasi silakan unduh disini.

Penulis : Sumadi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search