Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

RAKOR DUKUNGAN UMKM, SINERGI KPPN DALAM PEMBERDAYAAN UMKM

Pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Dukungan Pengembangan UMKM yang bertempat di Aula KPPN Kolaka. Rapat dihadiri oleh para stakeholder UMKM, yang terdiri dari Pemerintah Daerah, Bank, dan Lembaga Penyalur. Adapun rincian peserta yang hadir adalah:

  1. Bagian Perekonomian Sekretaris Daerah Kab. Kolaka
  2. Dinas Koperasi dan UKM Kab. Kolaka
  3. KPPBC Kendari
  4. KPP Pratama Kendari
  5. Bank BRI
  6. PT Pegadaian Cabang Kolaka
  7. PT PNM Mekaar Cabang Kolaka

Kegiatan dimulai pada pukul 9.30 WITA dengan sambutan oleh Kepala KPPN Kolaka, Bapak Arief Rokhman, sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi Dukungan Pengembangan UMKM. Dalam sambutannya, Pak Arief menyampaikan bahwa banyak potensi-potensi  UMKM yang seharusnya dapat dikembangkan, maka dari itu diharapkan dalam diskusi ini dapat menghasilkan ide/gagasan/rencana kerja tentang pengembangan UMKM di Kabupaten Kolaka.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Bank, Bapak Sigit Harjanto. Dalam paparan materinya Pak Sigit menyampaikan bahwa Pemberdayaan UMKM ini merupakan arahan langsung dari Presiden RI kepada Menteri Keuangan, yang kemudian didelegasikan kepada seluruh Eselon I di Kementerian Keuangan. Kementerian Keuangan mempunyai platform pasar digital (Digipay marketplace) yang digunakan oleh satker-satker di Indonesia, diharapkan para pengusaha produk UMKM dapat bergabung ke dalam marketplace yg difasilitasi oleh KPPN.

Harapannya di dalam forum diskusi ini para stakeholder dapat:

  1. Mengetahui gambaran keterlibatan para stakeholder UMKM dalam mendukung pengembangan UMKM di daerah.
  2. Mengetahui gambaran profil UMKM di Kabupaten Kolaka
  3. Mengetahui gambaran pembiayaan yang diberikan kepada UMKM di Kabupaten Kolaka
  4. Mengetahui kendala dan tantangan dalam pengembangan UMKM
  5. Membentuk forum bersama bagi seluruh stakeholder UMKM
  6. Penyusunan Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka pemberdayaan UMKM di Kabupaten Kolaka
  7. Menfasilitasi pendampingan, monitoring, dan evaluasi pemberdayaan UMKM serta digitalisasi pemasaran produk UMKM.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi  yang merupakan kegiatan inti. Kegiatan dipimpin oleh Plh Kepala KPPN Kolaka, Bapak Sukma Nugraha, selaku moderator dalam diskusi. Sebagai pembuka diskusi, Pak Sukma mengingatkan kembali bahwasanya KPPN Kolaka merupakan inisiator dalam upaya pengembangan UMKM di daerah, khususnya Kabupaten Kolaka, sesuai dengan arahan Ibu Menteri Keuangn. Para stakeholder diharapkan dapat menyampaikan data-data, keterlibatan maupun kendala yang dilalui dalam rangka pelaksanaan pengembangan UMKM yang mana nantinya dapat menghasilkan suatu rencana kerja secara harmonis antar stakehorlder dan berjalan dengan optimal. Selanjutnya diharapkan dapat menghasilkan Nota Kesepahaman antar stakeholder sehingga terdapat keberlanjutan dari rapat koordinasi ini.

Di penghujung acara, Moderator menyampaikan bahwa sinergi para stakeholder diperlukan untuk pengembangan UMKM di wilayah Kolaka, sehingga para stakeholder perlu untuk diinformasikan dan diajak untuk berkolaborasi pada kegiatan-kegiatan pemberdayaan UMKM. Kemudian, kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Kontributor: Yuvan

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI