Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Internalisasi Standardisasi Mutu Teknologi Informasi

Pada hari Selasa, 19 April 2022 KPPN Kolaka mendapatkan kunjungan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara dalam rangka meningkatkan awareness pegawai KPPN Kolaka perihal ancaman security di bidang teknologi informasi yang semakin masif di setiap tahunnya. Acara yang diselenggarakan di aula untuk kalangan internal ini, diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Kolaka dan dikemas dengan nuansa yang santai namun edukatif. Materi dibawakan oleh Saudara Salman Muhammad Farras Al Farid, pelaksana Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara, di sela-sela Kegiatan Monitoring Infrasruktur TIK Pengguna SPAN dan SAKTI di KPPN Kolaka.

Pada sambutannya, Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman mengingatkan bahwa pola kerja baru melalui penerapan Activity Based Working (ABW) dan Flexible Working Space (FWS) menuntut pegawai untuk dapat bekerja di mana saja dan kapan saja dengan mengandalkan teknologi. Penggunaan gawai sendiri seperti laptop dan smartphone untuk mendukung pola kerja tersebut memang memudahkan namun terdapat bahaya laten yang jika tidak diantisipasi sedari dini, dapat membahayakan tidak hanya diri sendiri namun juga organisasi. Untuk itu, security awareness perlu digalakkan, dan pegawai KPPN Kolaka perlu memahami jenis-jenis ancaman security yang mengintai seiring dengan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menghindarkan pegawai dari risiko tersebut.

Beberapa topik yang dibahas antara lain jenis-jenis ancaman di bidang teknologi informasi dan bagaimana mencegah infiltrasi dari pihak-pihak yang bermaksud jahat. Beberapa langkah di antaranya adalah penggunaan password yang bersifat alfanumerik dikombinasikan dengan simbol, kehati-hatian menggunakan wifi publik yang dapat diakses oleh berbagai pihak, termasuk mengabaikan dan menghapus pesan-pesan yang mencurigakan yang disertai dengan link tertentu. 

Berdasarkan riset, instansi pemerintahan merupakan salah satu target yang paling sering diincar oleh hacker. Untuk itu, perlu kewaspadaan yang tinggi agar pegawai KPPN Kolaka tidak menjadi "pintu masuk" atas serangan hacker yang dapat mengganggu tugas-tugas pemerintahan sebagai akibat dari kelalaian dalam memitigasi risiko keamanan informasi.  Melalui kegiatan tersebut, pegawai KPPN Kolaka menunjukkan perhatiannya terdahap keandalan dan keamanan informasi dalam rangka mendukung dan mempertahankan tingkat pelayanan yang melebihi harapan. KPPN Kolaka HEBAT!.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI