Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Sosialisasi Percepatan Realisasi Akhir Tahun Anggaran 2022 dan Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2023

Bertempat di Aula Watubangga-Sutan Raja Hotel Kolaka (SRHK), KPPN Kolaka pada tanggal 8 Desember 2022 menyelenggarakan Sosialisasi Percepatan Realisasi Akhir Tahun Anggaran 2022 dan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2023. Kegiatan yang diagendakan setiap tahunnya ini dihadiri oleh seluruh mitra kerja satker KPPN Kolaka. Sesuai dengan tema acara, tujuan acara ini adalah mengingatkan satuan kerja akan pentingnya menyelesaikan seluruh program masing-masing satuan kerja sebagai bagian dari tujuan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa selain untuk menyelenggarakan program pemerintah, salah satu fungsi APBN adalah sebagai stimulus perekonomian. Oleh karena itu, urgensi realisasi anggaran yang menghasilkan output dan outcome adalah suatu keniscayaan yang menjadi tanggung jawab sekaligus amanah satuan kerja. KPPN Kolaka siap memberikan asistensi yang diperlukan bagi satker apabila mengalami kendala seputar perbendaharaan negara.

Agenda yang kedua adalah penyerahan DIPA. Hal ini merupakan tindak lanjut penyerahan DIPA di lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah diselenggarakan pada tanggal 5 Desember 2022 di Kendari. KPPN Kolaka menyegerakan pelaksanaan penyerahan DIPA di wilayah Kolaka Raya agar para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dapat mempersiapkan lebih awal atas program-program satuan kerja yang akan diselenggarakan di 2023. Beberapa tahap persiapan ini bisa meliputi penyusunan rencana kegiatan tahunan, persiapan dokumen pengadaan, atau bahkan kontrak yang bisa segera dieksekusi di awal tahun. Semakin cepat anggaran direalisasikan, maka akan semakin terasa dampaknya bagi perekenomian khususnya di daerah Kolaka Raya. Tentua saja seluruh proses pelaksanaan anggaran harus tetap memperhatikan kaidah-kaidah ketentuan yang berlaku.

Tidak lupa pada kesempatan tersebut, KPPN Kolaka secara simbolis melakukan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2023 dan penandatanganan pakta integritas. Kegiatan  penyerahan DIPA K/L secara simbolis diserahkan kepada 3 (tiga) perwakilan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja lingkup KPPN Kolaka, yaitu: Polres Kolaka Utara, Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka dan BNN Kabupaten Kolaka. Sedangkan penandatanganan Pakta Integritas dilaksanakan secara simbolis antara Kepala KPPN Kolaka, Setyawan, dengan 3 (tiga) perwakilan Kuasa Pengguana Anggaran Satuan Kerja lingkup KPPN Kolaka, yaitu: Kantor Pertanahan Kabupaten Kolaka Timur, Kejaksaan Negeri Kolaka Utara dan Komisi Pemilihan Umum Kolaka Timur.

Penandatangangan pakta integritas merupakan wujud komitmen KPPN Kolaka untuk mencegah sekaligus memerangi praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Penyelenggaraan negara yang bersih tentunya akan memberikan impact yang besar bagi kesejahteraan masyarakat. Bukanlah suatu kebetulan juga bahwa penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan sehari sebelum pelaksanaan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang diselenggarakan setiap tanggal 9 Desember. Dalam memberikan pelayanan pun, KPPN Kolaka tidak membebankan biaya alias zero cost

Di puncak acara, KPPN Kolaka memberikan apresiasi kepada satuan kerja yang atas kinerjanya selama tahun 2022 dengan kategori sebagai berikut:

No Kategori Peringkat
1 Penghargaan Nilai IKPA Terbaik Pagu Kecil (< 3 Miliar)
  1. Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera
  2. Madrasah Aliyah Negeri 2 Kolaka
  3. Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka Timur
2 Penghargaan Nilai IKPA Pagu Sedang (3 s.d. 10 Miliar)
  1. Madrasah Aliyah Negeri 1 Kolaka
  2. Kantor Pertanahan Kab. Kolaka Timur
  3. Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Kolaka
3 Penghargaan Nilai IKPA Pagu Besar (> 10 Miliar)
  1. Polres Kolaka
  2. Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Kolaka Utara
  3. Kantor UPBU Sangia Ni Bandera
4 Penghargaan Pengguna Marketplace - Digipay Tahun 2022
  1. Badan Pusat Statistik Kab. Kolaka
  2. Badan Pusat Statistik Kab. Kolaka Timur
  3. Kejaksaan Negeri Kolaka
5 Penghargaan Pengguna Cash Managemen System (CMS)
  1. Badan Pusat Statistik Kab. Kolaka Timur
  2. Badan Pusat Statistik Kab. Kolaka
  3. Kantor Kementerian Agama Kab. Kolaka Utara
6 Penghargaan Penyampaian LPJ Bendahara
  1. Pengadilan Agama Lasusua
  2. Kantor UPBU Sangia Ni Bandera
  3. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kolaka Utara
7 Pejabat Perbendaharaan Terbaik

Siti Amaliah, S. SI

BPS Kab. Kolaka Timur

8 Pejabat Perbendaharaan Terfavorit

Muhammad Nurdin, S. AG.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kolaka Utara

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI