Berita

Seputar Kanwil DJPb

Capaian 2021 dan Harapan 2022

Puji syukur kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karuniaNya kita dapat melewati tahun 2021 yang penuh dengan tantangan di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan memasuki tahun 2022 dengan harapan baru.


Terima kasih kepada seluruh mitra kerja, satuan kerja, pemerintah daerah, lembaga keuangan bank dan bukan bank serta pihak lainnya yang turut membantu KPPN Lhokseumawe dalam mengelola keuangan negara secara profesional, akuntabel, transparan dan modern untuk mewujudkan tujuan pembangunan negara kita, meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum dan mencerdasan kehidupan bangsa.


Dalam melaksanakan tugas pengelolaan keuangan tersebut, KPPN Lhokseumawe telah menyalurkan anggaran belanja kementerian/lembaga sepanjang tahun 2021 sebanyak Rp 2,065 triliun atau 99,87% dari pagu sebesar Rp 2,068 triliun. Tingkat penyerapan ini meningkat sebanyak 2,86% jika dibandingkan dengan tahun 2020. Realisasi belanja K/L tahun 2021 terdiri dari belanja pegawai yang sudah mencapai 101,29% (hingga 6 Januari 2022). Ini artinya realisasi belanja telah melebih pagu sehingga satuan kerja K/L diminta untuk segera melakukan revisi anggaran agar tidak terdapat pagu minus belanja pegawai pada saat menyusun laporan keuangan unaudited saat ini. Sedangkan tingkat penyerapan belanja barang telah mencapai 96,22%, belanja modal 95,29% dan belanja bantuan sosial 100%. Anggaran belanja K/L di wilayah kerja KPPN Lhokseumawe paling banyak digunakan untuk melaksanakan fungsi pemerintahan di bidang pelayanan umum, diikuti bidang pendidikan, pertahanan serta ketertiban dan keamanan.

 


Sementara untuk realisasi penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021 mencapai 99,40% dari pagu Rp 1,47 triliun. Realisasi ini meningkat 0,01% dibandingkan tahun 2020. Penyaluran TKDD terdiri dari DAK Fisik yang telah terealisasi sebanyak Rp 317,67 miliar atau 97,53% dari pagu sebesar Rp 325,71 miliar. Sedangkan Dana Desa telah disalurkan 99,93% dari pagu sebesar Rp 1,143 triliun. DAK Fisik digunakan untuk membantu mendanai kegiatan yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan prioritas nasional, berupa penyediaan prasarana dan sarana pelayanan dasar publik, baik untuk pemenuhan standar pelayanan minimal dan pencapaian prioritas nasional maupun percepatan pembangunan Daerah dan kawasan dengan karakteristik khusus dalam rangka mengatasi kesenjangan pelayanan publik antardaerah. DAK Fisik yang disalurkan melalui KPPN Lhokseumawe terdiri dari DAK Reguler dan DAK Penugasan untuk berbagai bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, jalan, irigasi, pertanian, kelautan dan perikanan, industri kecil dan menengah, air minum, sanitasi serta perumahan dan pemukiman. Dana Desa digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Selama tahun 2021, Dana Desa digunakan untuk penanganan covid-19 minimal 8% dari pagu dana desa per desa, BLT Desa selama 12 bulan dengan jumlah Rp 300.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan untuk kegiatan lain di luar BLT Desa yang disalurkan secara bertahap sebanyak 3 tahap untuk desa reguler dan 2 tahap untuk desa mandiri. Total desa yang mendapatkan dana desa di wilayah Pemda Kota Lhokseumawe, Kab.Bireun dan Kab Aceh Utara sebanyak 1.529 desa dan jumlah penerima BLT Desa sebanyak 106.954 KPM.

   
   


Melalui realisasi belanja APBN tersebut, diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Harapan kami, di tahun 2022 pelaksanaan anggaran akan lebih baik tidak hanya dari tingkat penyerapan anggaran yang tinggi namun dapat memberikan manfaat yang lebih luas untuk pemulihan ekonomi nasional akibat Covid-19.


Meskipun kasus Covid-19 sudah mulai menurun, kami tetap menghimbau seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan melalui 5M : Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan agar dapat mewujudkan resolusi yang kita susun di tahun 2022 ini dengan capaian dan keadaan yang lebih baik dari tahun 2021.


Selamat Tahun Baru 2022.

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Alamat

KPPN Lhokseumawe

Jalan Merdeka, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh

Search