Jl. Raden Intan, Way Mengaku, Liwa, Lampung Barat

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Liwa Gelar ToT Sistem Marketplace/DIGIPay009_BNI

Setelah diadakannya Training of Trainer (ToT) Sistem Marketplace/DIGIPay002_BRI pada Hari Rabu 6 Juli lalu, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa kembali menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) Admin Satker dan Vendor Sistem Marketplace/DIGIPay009_BNI pada Hari Rabu 3 Agustus 2022.

Pesertanya dari Satuan Kerja (Satker) Lingkup KPPN Liwa yang memiliki rekening pada BNI dan penyedia barang (vendor) di Lampung Barat dan Pesisir Barat serta pihak perbankan yaitu BNI.

Kegiatan ToT ini dilaksanakan dalam upaya  mendorong Satker untuk menggunakan sistem Aplikasi Digital Payment (Digipay) yang merupakan pengintegrasian antara Satker Pengguna APBN, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perbankan.  

Digipay sendiri merupakan pembayaran dengan mekanisme pemindahbukuan dari rekening bendahara pengeluaran dengan kartu debit/Cash Management System (CMS) Virtual Account atau pendebetan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) ke rekening Penyedia Barang/Jasa dalam rangka penggunaan Uang Persediaan Satker melalui sistem marketplace.

Kepala KPPN Liwa Ma’ruf mengungkapkan, kegiatan yang dihadiri Admin Satker di wilayah bayar KPPN Liwa dan pihak vendor tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu katalisator dalam menggerakkan roda perekonomian Lampung Barat dan Pesisir Barat melalui UMKM setempat. 

Dimana belanja pemerintah, khususnya dari alokasi Uang Persediaan pada rekening Bendahara Pengeluaran satker langsung dibelanjakan ke UMKM melalui sistem marketplace Digipay. 

Sistem ini bertujuan menghubungkan Satker, UMKM, perbankan dan Bendahara Umum Negara dalam satu ekosistem. 

“Penggunaan Digipay membawa dua misi besar, yaitu modernisasi pengelolaan kas negara dan pemberdayaan UMKM," ungkapnya.

Kemudian, Pelaku UMKM yang hadir juga diajak untuk terlibat dalam perdagangan era digital pada sistem Digipay yang dipandu oleh pihak BNI yaitu Ade Mirza selaku Pimpinan Cabang Pembantu BNI Liwa, Ibnu Ibrahim Zaid dari BNI Cabang Kotabumi Liwa yang secara langsung menghadiri ToT di Aula KPPN Liwa serta Merike Widi Safitri dan Crist Reynald Putra dari BNI Jakarta memandu kegiatan melalui Zoom Video Conference. 

Dengan kolaborasi satuan kerja mitra KPPN Liwa, vendor  dan dukungan penuh dari pihak Bank BNI mulai dari Cabang Pembantu Liwa, Cabang Kotabumi, dan BNI Pusat tersebut.

Kegiatan ToT tersebut berlangsung lancar, peserta training dipandu untuk membuat user Aplikasi Digipay untuk kemudian melakukan uji coba transaksi belanja pemerintah melalui Digipay009_BNI. 

Pendampingan dilakukan baik dari sisi satuan kerja yang melakukan transaksi pembelian, maupun dari sisi Vendor yang menawarkan katalog barang untuk dijual.

Dengan menggunakan Digipay, diharapkan digitalisasi pengelolaan kas negara menjadi semakin baik, sekaligus dapat memajukan UMKM pada Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat sebagai Penyedia Barang/Jasa

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search