Masohi - Pada hari selasa 28 November 2017 KPPN Masohi mengundang satuan kerja mitra KPPN Masohi dalam acara sosialisasi persiapan penerimaan dan pengeluaran negara di akhir tahun anggaran 2017. Dalam Acara tersebut dilaksanakan pula pemberian penghargaan kepada 7 satuan kerja yang dinilai memiliki kinerja terbaik selama tahun anggaran 2017. Kepala Kantor KPPN Masohi memberikan sambutan kepada seluruh satuan kerja yang hadir mengenai optimalisasi pendapatan, peningkatan kualitas belanja dan efisiensi belanja guna tercapainya pertumbuhan merata, memberantas kemiskinan, mengurangi pengangguran dan menjaga tingkat inflasi. Pada efisiensi belanja dapat dilihat dari kualitas perencanaan anggaran, penyerapan anggaran, pengelolaan UP, penyelesaian tagihan, Hal 3 DIPA, penyampaian data kontrak, kesalahan SPM, Retur dan Rencana Penarikan Kas.
Kepala KPPN Masohi menyampaikan paparan dengan ringkasan sebagai berikut:
- Memberikan data terkait pengelolaan UP-TUP (KPPN Ambon, KPPN Tual, KPPN Saumlaki dan KPPN Masohi) dan memberikan penjelasan mengenai format tambahan untuk TUP/GUP dalam rangka pengendalian belanja.
- Memberikan data dari bulan Januari s.d. Oktober terkait penyampaian data kontrak, SPM yang salah, Retur SP2D, hal III DIPA, Revisis DIPA (pagu tetap), penyampaian LPJ Bendahara, Dispensasi SPM, Deviasi Renkas, Realisasi Anggaran.
- Menjelaskan mengenai HAI DJPB kepada satuan kerja yang hadir agar dapat menyampaikan permasalahan-permasalahan terkait pelaksanaan anggaran di HAI DJPB.
- Memberikan penjelasan mengenai penyederhanaan SPJ.
- Memberikan data terkait satker-satker yang masih mempunyai pagu minus
Kepala Seksi Pencairan Dana KPPN Masohi menyampaikan papatan dengan ringkasan sebagai berikut:
- Memberikan penjelasan mengenai aturan terkait pengelolaan UP dan data kontrak.
- Memberikan rincian terkait kesalah SPM yang sering terjadi pada satuan kerja lingkup KPPN Masohi yaitu,
- kesalahan pada uraian SPM seperti tdk mencantumpak no dan tanggal SPP
- kesalahan pada akun pengeluaran dan akun penerimaan/potongan SPM
- kesalahan pada kode BA pada potongan SPM
- tidak lengkapnya lampiran pendukung pada SPM
- kesalahan nama dan nomor rekening
- kesalahan pada data kontrak
- keterlambatan penyampaian data kontrak
- kesalahan pembebanan sehingga terjadinya koreksi SPM
- memberikan penjelasan mengenai waktu penyelesaian tagihan, Retur SP2D, perencanaan kas, batas waktu pengajuan data kontrak dan penerbitan NRK.
- Memberikan penjelasan mengenai per-12 tahun 2017.
Kepala KPPN Masohi memberikan penghargaan kepada satuan kerja lingkup KPPN Masohi yang berkinerja terbaik. Untuk yang berkategori Pagu belanja barang dan modal dibawah 1 M:
- Peringkat pertama : Kantor Kementerian Agama Kab. Seram Bagian Timur
- Peringkat kedua : Stasiun Meteorologi Geser - Seram Bagian Timur
- Peringkat ketiga : Stasiun Klimatologi Seram Bagian Barat
Untuk yang berkategori Pagu belanja barang dan modal dibawah 1 M :
- Peringkat pertama : Unit Penyelenggara Pelabuhan Tulehu
- Peringkat kedua : Unit Penyelenggara Pelabuhan Geser
- Peringkat ketiga : Kantor Kementerian Agama Kab. Seram Bagian Barat
- Peringkat keempat : Cabang Rumah Tahanan Negara Saparua
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan gambaran kepada satuan kerja LINGKUP KPPN Masohi terhadap Persiapan Penerimaan Dan Pengeluaran Akhir Tahun Anggaran 2017 dan Pemberian Penghargaan Kepada Satker Terbaik Tahun Anggaran 2017. serta pemberian penghargaan atas satuan kerja yang berkinerja terbaik agar dapat memotivasi satuan kerja lain untuk lebih meningkatkan kinerjanya pada periode berikutnya.