Gedung Keuangan Negara Palembang, Jl. Kapten A. Rivai No. 2 Palembang

Inovasi Si Revo KPPN Palembang - Sistem Reminder Revolving UP dan Penihilan TUP KPPN Palembang

    Uang Persediaan (UP) adalah uang muka kerja dari Kuasa BUN (KPPN) kepada Bendahara Pengeluaran yang dapat dimintakan penggantiannya (revolving). UP digunakan membiayai kegiatan operasional sehari-hari Satker atau membiayai pengeluaran yang menurut sifat dan tujuannya tidak mungkin dilakukan melalui mekanisme pembayaran langsung (LS). Tambahan Uang Persediaan yang selanjutnya disingkat TUP adalah uang muka yang diberikan kepada Bendahara Pengeluaran untuk kebutuhan yang sangat mendesak dalam 1 (satu) bulan melebihi pagu UP yang telah ditetapkan.

 

    UP dan TUP mempunyai batasan waktu pertanggungjawaban untuk segera dilakukan penggantian (revolving)/penihilan oleh Satker.

 

    Hadirnya inovasi Si Revo diharapkan dapat membantu mengingatkan Satker untuk tidak terlambat dalam mempertanggungjawabkan UP dan TUP yang dikelolanya sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 Tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 178/PMK.05/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 Tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

 

   Selama mengaplikasikan aplikasi si Revo, persentase ketepatan waktu Pertanggungjawaban GUP/ GU Nihil/ PTUP pada KPPN Palembang cenderung meningkat dari tahun ke tahun, hal ini dapat dilihat pada tabel berikut ini.

sumber data: OM-SPAN

 

     Dengan begitu, tujuan munculnya inovasi ini dapat dikatakan berhasil, sebagaimana persentase dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

    Selanjutnya, penerapan aplikasi ini diharapkan dapat terus dengan sukses meningkatkan layanan kepada Satker mitra kerja KPPN Palembang agar tidak terlambat dalam mempertanggungjawabkan UP dan TUP yang dikelolanya sehingga terhindar dari sanksi berupa pemotongan besaran UP sesuai ketentuan yang berlaku.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search