Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Sosialisasi Penyampaian Data NTPN dan Pemaparan Laporan DTH/RTH dari Aspek Perpajakan

Pangkalan Bun – Kepala KPPN Pangkalan Bun diwakili oleh Kepala Seksi Bank menghadiri undangan Kepala BPKAD Kotawaringin Barat pada kegiatan Sosialisasi Penyampaian Data NTPN dan Pemaparan Laporan DTH/RTH dari Aspek Perpajakan. Kegiatan yang dihadiri oleh Bendahara SKPD ini dilaksanakan pada hari Rabu, 22 September 2021 di Aula BPKAD Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya menyamakan persepsi dalam pelaksanaan rekonsiliasi pajak-pajak pusat yang disetor ke kas Rekening Kas Umum Negara berdasarkan transaksi pengeluaran yang dibayarkan atas beban APBD. Hasil rekonsiliasi ini menjadi bahan pertimbangan penyaluran Dana Bagi Hasil (DBH).

Kepala BPKAD, Rochim Hidayat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa data NTPN maupun potongan/pungutan pajak yang dimuat dalam DTH/RTH merupakan elemen utama dalam proses rekonsiliasi, sehingga diharapkan SKPD dapat memastikan ketepatan data tersebut agar rekonsiliasi berjalan lancar.

Selanjutnya, Kepala Seksi Bank, Agung Cahyono, memaparkan mekanisme rekonsiliasi pajak di KPPN Pangkalan Bun yaitu pelaksanaan konfirmasi penerimaan negara dengan menggunakan data NTPN.

Selain itu, pada kegiatan ini KPP Pratama Pangkalan Bun memaparkan hasil uji formal dan uji material terhadap DTH/RTH yang telah disampaikan oleh SKPD sebagai bagian dari proses pelaksanaan rekonsiliasi pajak-pajak pusat.

Melalui kegiatan ini diharapkan ketiga pihak yaitu, Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat, KPPN Pangkalan Bun dan KPP Pratama Pangkalan Bun, dapat selalu bersinergi dalam upaya menyelesaikan proses rekonsiliasi pajak-pajak pusat yang disetor ke kas Rekening Kas Umum Negara berdasarkan transaksi pengeluaran yang dibayarkan atas beban APBD tepat waktu, sehingga penyaluran DBH juga dapat dilaksanakan tepat waktu.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search