KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) bersama PT. Pegadaian CP Pangkalan Bun

Masa Pandemi COVID-19 yang dimulai sejak tahun 2020, puncaknya ditandai dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Salah satu yang paling terdampak dari hadirnya Pandemi COVID-19 ini adalah sektor di bidang ekonomi. Pelaku usaha dari mulai skala besar sampai mikro menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin bahkan tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Tak ayal berbagai sektor usaha pun terkena imbasnya, termasuk lebih dari 80% pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Riset oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia juga menemukan bahwa sepanjang tahun 2020, terdapat dua masalah utama yang dihadapi oleh UMKM yang terdampak pandemi, yaitu masalah keuangan dan pasokan/penerimaan. Selain dari minimnya fasilitas operasional, sumber daya, dan pendanaan, UMKM juga masih kurang menguasai platform digital. Seiring dengan dilaksanakannya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Pemerintah, perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah keuangan sektor UMKM dengan menyediakan fasilitas Kredit Program dari Pusat Investasi Pemerintah melalui PT. Pegadaian CP Pangkalan Bun selaku pihak penyalur.

Dalam rangka terjalinnya kemitraan antara pihak penyalur dengan debitur, KPPN Pangkalan Bun menyelenggarakan Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 15 Juni 2022 pukul 09.00-11.00 WIB secara hybrid di Aula KPPN Pangkalan Bun dan melalui zoom meeting. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala KPPN Pangkalan Bun, Indra Karunia Dewanti. Pada sambutannya, disampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya sosialisasi yaitu untuk meningkatkan jumlah debitur maupun nilai penyaluran yang akan meningkatkan kapasitas UMKM sehingga dapat terwujudnya outcome berupa kontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Selanjutnya, penyerahan plakat dilakukan oleh Kepala KPPN Pangkalan Bun, Indra Karunia Dewanti, kepada narasumber dari PT Pegadaian CP Pangkalan Bun dan piagam penghargaan atas kerjasamanya dalam acara sosialisasi kepada perwakilan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. Kegiatan dilanjutkan oleh perwakilan dari PT Pegadaian CP Pangkalan Bun, Ernawati, selaku narasumber dengan menyampaikan paparan mengenai Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Salah satu layanan yang diberikan yaitu Kreasi Ultra Mikro. Kreasi Ultra Mikro adalah kredit dengan angsuran bulanan/berjangka untuk pengembangan usaha ultra mikro sampai dengan 10 juta rupiah dan disertai dengan pendampingan.

Setelah penyampaian materi oleh PT Pegadaian CP Pangkalan Bun, peserta sosialisasi melakukan diskusi bersama narasumber mengenai berbagai jenis layanan yang diberikan oleh PT Pegadaian CP Pangkalan Bun. Sesi dikusi berjalan sangat interaktif antara pelaku UMKM dengan narasumber dari PT Pegadaian CP Pangkalan Bun. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pesan oleh Kepala Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, Agung Cahyono.

Pada kesempatan ini disampaikan bahwa akan ada pojok UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menitipkan produknya dan kondisi terkini terkait program pembiayaan UMi di Kabupaten Kotawaringin Barat. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM terkait program pembiayaan ultra mikro (UMi) sehingga dapat menjadi pilihan terkait bantuan modal dalam menjalankan usahanya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search