KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) oleh PT Pegadaian Cabang Pangkalan Bun

Masa Pandemi COVID-19 yang dimulai sejak tahun 2020, puncaknya ditandai dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Salah satu yang paling terdampak dari hadirnya Pandemi COVID-19 ini adalah sektor di bidang ekonomi.  Pelaku usaha dari mulai skala besar sampai mikro menghadapi tantangan dan hambatan yang mungkin bahkan tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya. Tak ayal berbagai sektor usaha pun terkena imbasnya, termasuk lebih dari 80% pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Riset oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Indonesia juga menemukan bahwa sepanjang tahun 2020, terdapat dua masalah utama yang dihadapi oleh UMKM yang terdampak pandemi, yaitu masalah keuangan dan pasokan/penerimaan. Selain dari minimnya fasilitas operasional, sumber daya, dan pendanaan, UMKM juga masih kurang menguasai platform digital.Seiring dengan dilaksanakannya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh Pemerintah, perlu dilakukan upaya untuk mengatasi masalah keuangan sektor UMKM dengan menyediakan fasilitas Kredit Program dari Pusat Investasi Pemerintah melalui PT. Pegadaian CP Pangkalan Bun selaku pihak penyalur. Dalam rangka terjalinnya kemitraan antara pihak penyalur dengan debitur diperlukan kegiatan Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) ini.

Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) merupakan kegiatan sosialisasi terkait pembiayaan UMi kepada para pelaku UMKM sehingga bisa menjadi pilihan dalam pembiayaan usahanya. Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 pukul 09.00 s.d. 10.30 secara virtual melalui zoom meeting dan diikuti oleh Perwakilan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kotawaringin Barat, Perwakilan PT Pegadaian Cabang Pangkalan Bun, Kepala Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, Pelaksana Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, dan Para perwakilan UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan dibuka oleh Marsa Renaning Dyah, pegawai Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, selaku MC, dan dilanjutkan dengan doa bersama. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Bank KPPN Pangkalan Bun, Agung Cahyono. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta zoom meeting. Agenda berikutnya adalah penyampaian materi oleh perwakilan PT Pegadaian Cabang Pangkalan Bun, Bu Erna, tentang Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Pada paparan tersebut, dijelaskan beberapa produk pembiayaan dari Pegadaian.  Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama peserta zoom meeting.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah debitur maupun nilai penyaluran yang akan meningkatkan kapasitas UMKM sehingga dapat terwujudnya outcome berupa kontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search