KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Pembiayaan UMi: Tekan Angka Kemiskinan dengan Perkuat Peran UMKM

Pangkalan Bun, 24 November 2022 

Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) menjadi instrumen untuk mendorong pendapatan masyarakat melalui kredit lunak bagi pelaku usaha baru. Dengan langkah ini, lebih banyak masyarakat berpenghasilan dan menjauhi jurang kemiskinan. Pembiayaan itu berjalan simultan dengan program lain, termasuk untuk meredam tingkat kemiskinan yang naik akibat pandemi Covid-19.  

 

 

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap perekonomian. Tak sedikit masyarakat yang awalnya mampu menjadi tertekan sehingga masuk ke dalam kelompok masyarakat miskin. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa tingkat kemiskinan pada September 2019 berada di 9,22 persen, dengan jumlah penduduk miskin 24,78 juta orang. Angkanya kemudian melonjak pada September 2020 menjadi 10,19 persen, dengan jumlah penduduk miskin mencapai 27,5 juta orang. 

Berbagai dukungan digelontorkan pemerintah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, baik melalui bantuan sosial (bansos), subsidi, hingga sejumlah insentif bisnis. Dukungan itu bertujuan untuk menjaga daya beli agar tidak lebih banyak orang yang jatuh kejurang kemiskinan. Penyaluran pembiayaan UMi pun menjadi salah satu upaya dalam menjaga masyarakat agar tidak jatuh miskin. 

 

 

Hingga Semester I tahun 2022, total penyaluran pembiayaan UMi oleh PIP telah mencapai Rp22,04 triliun, yang tersalurkan kepada 6,4 juta debitur. Kinerja itu didukung oleh 509 lembaga penyalur yang bekerjasama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP).  

Dalam rangka terjalinnya kemitraan antara pihak penyalur dengan debitur, KPPN Pangkalan Bun menyelenggarakan Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 24 November 2022 pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB di Aula KPPN Pangkalan Bun.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Seksi Bank Pangkalan Bun, Agung Cahyono. Bapak Agung menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya sosialisasi yaitu untuk meningkatkan jumlah debitur maupun nilai penyaluran yang akan meningkatkan kapasitas UMKM sehingga dapat terwujudnya outcome berupa kontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat. 

 

 

Kegiatan dilanjutkan oleh perwakilan dari Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah BMT UGT Nusantara, selaku narasumber dengan menyampaikan paparan mengenai Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).  Pada paparan tersebut disampaikan profil dan skema pembiayaan UMi pada BMT UGT Nusantara. 

Setelah penyampaian materi oleh KSPS BMT UGT Nusantara, peserta sosialisasi melakukan diskusi bersama narasumber mengenai berbagai jenis layanan yang diberikan oleh KSPS BMT UGT Nusantara. Sesi dikusi berjalan sangat interaktif antara pelaku UMKM dengan narasumber dari KSPS BMT UGT Nusantara. 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM terkait program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) sehingga dapat menjadi pilihan terkait bantuan modal dalam menjalankan usahanya. 

 

Kontributor Berita:

Marsa Renaning Dyah

 

Editor:

Winda Mayesty

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search