KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Pelaksanaan Anggaran Satker yang Handal, Wujud Nyata APBN yang Optimal

Pangkalan Bun, 8 Februari 2023

Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan cerminan atas kualitas kinerja pelaksanaan anggaran satuan kerja Kementerian/Lembaga. Di tahun 2022, KPPN Pangkalan Bun bun berhasil meraih nilai IKPA sebesar 95,85 atas hasil akumulasi kinerja satuan kerja lingkup KPPN Pangkalan Bun. Nilai tersebut terdiri dari 8 (delapan) indikator yaitu revisi DIPA, deviasi Hal III DIPA, penyerapan anggaran, belanja kontraktual, penyelesaian tagihan, pengelolaan UP/TUP, dispensasi SPM, dan capaian output.

 

 

Berdasarkan hasil identifikasi dan evaluasi yang dilaksanakan oleh KPPN Pangkalan Bun, terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan pemetaan sebagai titik merah risiko atas pencapaian IKPA pada tahun 2022 oleh satuan kerja yang berkaitan dengan pengukuran aspek kualitas perencanaan anggaran. Aspek ini merupakan penilaian terhadap kesesuaian antara pelaksanaan anggaran dengan yang direncanakan dan ditetapkan dalam DIPA. Deviasi halaman III DIPA menempati peringkat terendah, sehingga perlu disampaikan reminder kepada satuan kerja untuk segera melakukan revisi dalam rangka memitigasi deviasi halaman III DIPA. Selain itu, untuk mengoptimalkan capaian kinerja pelaksanaan anggaran secara menyeluruh kepada satker, disampaikan keseluruhan indikator IKPA melalui kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023.

 

 

Guna pelaksanaan langkah strategis mitigasi dan upaya optimalisasi nilai IKPA di tahun anggaran 2023, KPPN Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023 pada hari Rabu, 8 Februari 2023 secara hybrid yang bertempat di Aula KPPN Pangkalan Bun dan penggunaan platform media konfrensi Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh para Pejabat ataupun Operator Pengelola Keuangan satuan kerja mitra KPPN Pangkalan Bun.

 

 

Merujuk amanat Kepala KPPN Pangkalan Bun, Indra Karunia Dewanti, dalam sambutannya mengisyaratkan bahwa kegiatan sosialisasi ini berfokus dalam hal evaluasi capaian indikator kinerja pelaksanaan anggaran khususnya deviasi halaman III DIPA. Acara dibuka oleh Pelaksana Harian Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Arka Wirawan, dengan penyampaian paparan terkait early warning tanggal penting pelaksanaan revisi halaman III DIPA dan langkah strategis yang perlu dilaksanakan satuan kerja selama awal Triwulan I Tahun 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Customer Service Officer, Agus Mariono, terkait aspek pengukuran indikator kinerja, strategi optimalisasi IKPA, praktik pelaksanaan revisi pada aplikasi SAKTI, dan diakhiri dengan diskusi interaktif dengan satuan kerja.

 

 

Beberapa poin penting sebagai highlight kegiatan sosialisasi ini dijelaskan dalam upaya peningkatan kualitas perencanaan satker. Upaya tersebut dapat dilaksanakan oleh satuan kerja melalui pelaksanaan reviu DIPA secara periodik, penetapan batas waktu revisi anggaran secara internal sebelum batas akhir yang ditetapkan Kanwil DJPb, memastikan seluruh kegiatan telah didukung dengan Kerangka Acuan Kegiatan (KAK) atau Petunjuk Operasional Kegiatan (POK), serta mempersiapkan dokumen yang diperlukan apabila masih terdapat anggaran yang diberikan catatan dalam DIPA (tanda blokir) dan segera menyelesaikannya pada Triwulan I Tahun 2023.

 

 

Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Tahun Anggaran 2023, KPPN Pangkalan Bun berharap untuk dapat meningkatkan koordinasi rencana aksi mitigasi risiko dengan menekan peluang terjadinya ketidakefektifan pelaksanaan anggaran yang dilakukan oleh satker yang akan berdampak positif pada tercapainya nilai IKPA yang maksimal. Di sisi lain, kegiatan ini dapat menjadi pendorong bagi satuan kerja untuk dapat meningkatkan kualitas perencanaan, akselerasi pelaksanaan kegiatan, percepatan pengadaan barang dan jasa, peningkatan kualitas belanja dan meminimalkan potensi idle cash alokasi penyaluran APBN pada Kementerian/Lembaga.

 

 

 

Kontributor Berita:

Winda Mayesty

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search