KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Sosialisasi dan Diskusi Early Warning Semester 1 TA 2023 KPPN Pangkalan Bun

Pangkalan Bun, 12 Januari 2023

APBN disusun berdasarkan siklus anggaran (budget cycle) dengan tahapan perencanaan, penetapan, pelaksanaan, pengawasan, dan pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara konsekutif. Pada tahap pelaksanaan, Kementerian/Lembaga sebagai pengguna anggaran perlu menyiapkan strategi pengelolaan keuangan yang optimal demi tercerminnya realisasi belanja lebih berkualitas (spending better) sehingga berjalannya fungsi-fungsi APBN yaitu pengalokasian anggaran yang terarah, distribusi pembangunan yang semakin merata, dan pertumbuhan ekonomi yang semakin stabil.

 

 

Sebagai bentuk antisipasi pelaksanaan anggaran K/L di tahun 2023, satuan kerja perlu untuk melakukan mitigasi atas berbagai potensi permasalahan yang mungkin terjadi secara spesifik dan tematik umum pengelolaan keuangan. Atas dasar hal tersebut, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Diskusi Early Warning Semester 1 TA 2023 pada hari Kamis, 12 Januari 2023 secara daring melalui Zoom Meeting yang dihadiri para Pejabat Pembuat Komitmen dan Operator Pengelola Keuangan satuan kerja mitra KPPN Pangkalan Bun.

 

 

Pemaparan Materi oleh Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker KPPN Pangkalan Bun, Aang Achmad Fithoni, diawali dengan evaluasi pelaksanaan anggaran diklasifikasikan berdasarkan Kementerian/Lembaga per Sub Bidang, antara lain Sub Pembangunan Manusia dan Kesejahteraan, Sub Ekonomi dan Kemaritiman, dan Sub Polhuk-hankam. Pelaksanaan Sosialisasi dan Diskusi Early Warning Semester 1 TA 2023 mengacu pada Laporan Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester 1 Tahun 2022 dalam pemanfaatan informasi berbagai output permasalahan Monev PA yang selanjutnya dapat disusun mitigasi dan rekomendasi bahan perbaikan pelaksanaan anggaran pada periode selanjutnya.

 

 

Early Warning Semester 1 TA 2023 pada lingkup KPPN Pangkalan Bun berfokus pada evaluasi indikator reformulasi IKPA tahun 2022 yaitu Deviasi Halaman III DIPA, Revisi DIPA, dan Penyerapan Anggaran. Guna pelaksanaan langkah strategis mitigasi dan upaya optimalisasi nilai IKPA di tahun anggaran 2023, dalam paparan disampaikan penyebab penurunan nilai kinerja dan kiat-kiat perbaikan pada tiap indikator IKPA.

 

 

Menuju penghujung acara, terdapat sesi diskusi bersama CSO KPPN Pangkalan Bun, Agus Mariono. Beberapa pertanyaan terkait dengan pelaksanaan revisi Halaman III DIPA untuk triwulan I tahun 2023 dan mekanisme pembuatan Rekening Dana Pemilu (RDP) dalam rangka kegiatan pada Badan Ad Hoc Penyelenggara Pemilu dalam negeri mendominasi pada sesi ini.

 

 

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Diskusi Early Warning Semester 1 TA 2023, satuan kerja dapat memahami mitigasi pelaksanaan anggaran terutama pada indikator Deviasi Halaman III DIPA, Revisi DIPA, dan Penyerapan Anggaran. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kinerja pelaksanaan anggaran pada semester I TA 2023 menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

 

 

Kontributor Berita:

Winda Mayesty

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search