KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

JAGA DIRI DENGAN JAGA INTEGRITAS

Pangkalan Bun, 25 Januari 2024

Sebagai pegawai di Kementerian Keuangan, mendengar atau mengucap kata integritas rasanya sudah seperti makanan sehari-hari yang tidak asing lagi. Integritas menjadi nilai yang harus dipegang, tidak hanya sekadar didengar atau diucap, namun juga benar-benar dilakukan dalam sebuah tindakan. Bersikap jujur, tulus dan dapat dipercaya merupakan contoh tindakan yang seharusnya dimiliki oleh orang berintegritas. Menjadi berintegritas selayaknya tidak hanya sekadar tuntutan, namun benar-benar menjadi bagian dari diri kita yang dituangkan dalam tindakan nyata sehari-hari. “Nila setitik rusak susu sebelanga”. sepertinya menjadi peribahasa yang cocok untuk menggambarkan seberapa fatalnya jika nilai integritas tersebut dirusak.

“Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun, tidak jujur itu sulit diperbaiki”, begitu pesan Bung Hatta. Mulailah dari diri kita dan tularkan integritas yang dimiliki kepada orang lain. Jaga diri kita dengan jaga integritas kita. Menyadari akan pentingnya integritas, Kamis, 4 Januari 2024 telah disampaikan pesan habituasi budaya Kementerian Keuangan oleh Kepala Kantor KPPN Pangkalan Bun. Pesan tersebut disisipkan pada saat agenda morning briefing yang diikuti oleh seluruh pegawai KPPN Pangkalan Bun.

 

 

Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa kita harus selalu menjaga integritas dalam setiap melaksanakan tugas dan pekerjaan. Tidak hanya dalam lingkungan kantor saja, namun integritas juga harus dijaga dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Membahas integritas di lingkungan kantor, dapat diwujudkan dalam kegiatan antara lain:

  • Atasan langsung/pimpinan menjadi role model;
  • seluruh pegawai berani dan wajib menolak gratifikasi, suap, dan praktik korupsi lainnya;
  • Melaporkan kepada UKI/saluran pelaporan lainnya apabila mengetahui adanya praktik korupsi lainnya; dan
  • seluruh pegawai wajib menghindari benturan/konflik kepentingan serta tidak menyalahgunakan kewenangan.

Sebagai penutup, Kepala Kantor KPPN Pangkalan Bun, Edy Santoso menyampaikan pesan agar pegawai KPPN Pangkalan Bun senatiasa menjunjung integritas, memberikan pelayanan terbaik, dan menjaga kepercayaan publik.

 

 

Agenda morning briefing ditutup dengan menggelorakan yel-yel antikorupsi KPPN Pangakalan Bun dan jargon KPPN Pangkalan Bun. “Korupsi, Bukan Budaya” “KPPN Pangkalan Bun: Bersih, Unggul, Melayani”.

 

 

Kontributor Berita:

Hernita Maharani Purwanto Putri

 

Editor:

Winda Mayesty

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search