KPPN Pangkalan Bun 
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111

Berita

Seputar KPPN Pangkalan Bun

Sosialisasi Penggunaan RPATA

Pangkalan Bun, 18 Desember 2023

Berkenaan dengan telah terbitnya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109 Tahun 2023 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran atas Pekerjaan yang Belum Diselesaikan pada Akhir Tahun Anggaran, dalam rangka menjaga prinsip pembayaran atas beban APBN dilaksanakan setelah barang/jasa diterima, maka dilakukan penyempurnaan tata cara pembayaran pada akhir tahun anggaran. Sebelumnya pelaksanaan pembayaran akhir tahun dilakukan dengan mekanisme penggunaan bank garansi sebagai jaminan, kini hadirnya Rekening Penampungan Akhir Tahun Anggaran (RPATA) menggeser eksistensi bank garansi dengan manfaatnya menampung dana dalam rangka penyelesaian pekerjaan yang lebih aman dan prudent mengurangi risiko kerugian negara.

 

 

Kegiatan Sosialisasi Penggunaan RPATA dilaksanakan dan diikuti oleh sembilan satuan kerja mitra KPPN Pangkalan Bun yang diproyeksikan menggunakan mekanisme RPATA yaitu Pengadilan Agama Nanga Bulik, Pengadilan Agama Sukamara, Pengadilan Negeri Nanga Bulik, Lembaga Pemasyarakatan Pangkalan Bun, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara, Kantor Pertanahan Kabupaten Kotawaringin Barat, KPU Kabupaten Kotawaringin Barat, KPU Kabupaten Sukamara, dan KPU Kabupaten Lamandau.

 

 

Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin, 18 Desember 2023 pukul 09.00 s.d 11.00 WIB secara daring melalui Microsoft Teams. Kegiatan Sosialisasi Penggunaan RPATA diikuti oleh para Pejabat Pengelola Keuangan Satuan Kerja mitra KPPN Pangkalan Bun. Kegiatan dibuka dengan dengan pelaksanaan pre-test dalam rangka menguji pengetahuan dasar satuan kerja mengenai RPATA. Selanjutnya, penyampaian materi mekanisme pelaksanaan anggaran atas pekerjaan yg diselesaikan pada akhir tahun anggaran oleh Ilhamudin Yusuf Rahmanto, CSO KPPN Pangkalan Bun. Sesi berikutnya pelaksanaan praktik penginputan transaksi RPATA melalui aplikasi SAKTI oleh Winda Mayesty, SSO KPPN Pangkalan Bun. Selama berjalannnya acara, diskusi dan tanya jawab dilakukan secara interaktif seiring dengan kendala yang dihadapi Satuan Kerja dalam pengimplementasian pembayaran menggunakan RPATA. Acara ditutup dengan pelaksanaan post-test dengan hasil rata-rata memuaskan dan harapannya Satuan Kerja memiliki awareness terkait penyelesaian pembayaran pekerjaan agar menghindari kejadian wanprestasi/gagal bayar.

 

 

KPPN Pangkalan Bun melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penggunaan RPATA dengan tujuan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman satuan kerja mengenai mekanisme pelaksanaan anggaran atas pekerjaan yang diselesaikan pada akhir Tahun Anggaran. Kegiatan Sosialisasi Penggunaan RPATA dapat terlaksana dengan lancar sebagai salah satu tugas financial advisor dalam rangka peningkatan edukasi di bidang perbendaharaan dengan memberikan pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengelolaan keuangan di daerah khususnya pada satuan kerja.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
KPPN Pangkalan Bun
Jalan Sutan Syahrir No.09 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah 74111
Email kppnpangkalanbun@kemenkeu.go.id
Tel: 0532-21047 Fax: 0532-21393

IKUTI KAMI

LAYANAN PENGADUAN

Search