Jalan Kejaksaan Nomor 16, Pangkalpinang - 33123

BERITA

Berita KPPN Pangkalpinang

Komitmen Wujudkan Laporan Keuangan yang Andal, KPPN Pangkalpinang Berikan Bimtek kepada Satuan Kerja

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalpinang menyelenggarakan kegiatan Bimtek Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan K/L Menggunakan Aplikasi MONSAKTI pada Selasa, 23 Agustus 2022 hingga Rabu, 24 Agustus 2022.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid (sebagian luring dan daring) dan dihadiri oleh Operator SAKTI Modul Pelaksanaan dan Modul Pelaporan Satuan Kerja Mitra KPPN Pangkalpinang.

Kepala KPPN Pangkalpinang, Rafael Widiestumargianto, membuka acara sekaligus memberikan keynote speech.

“Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman satuan kerja terkait rekonsiliasi yang dilakukan melalui aplikasi MONSAKTI dalam rangka mewujudkan laporan keuangan yang andal dan akuntabel”, kata Rafael.

Rafael menambahkan bahwa migrasi saldo awal aplikasi SAKTI pada seluruh satuan kerja mitra KPPN Pangkalpinang telah selesai dilaksanakan sejak bulan Juli 2022. Selanjutnya, sebagai wujud pertanggungjawaban pengelolaan APBN, setiap satuan kerja wajib menyusun laporan keuangan.

Pada keynote speech tersebut Rafael menekankan kembali kepada seluruh satuan kerja bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, setelah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), KPPN Pangkalpinang tetap melanjutkan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Oleh karena itu, dimohon dukungan dari seluruh satuan kerja untuk tidak memberikan imbalan (gratifikasi) dalam bentuk apapun atas pelayanan yang diberikan.  

Urif Sahudin, Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Mahir, selaku narasumber pertama menyampaikan bahwa monitoring, interkoneksi, rekonsiliasi, dan penyusunan laporan keuangan dilakukan melalui aplikasi MONSAKTI.

“Aplikasi MONSAKTI selain dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna SAKTI juga dalam rangka menjaga performance SAKTI dengan memisahkan fungsi data transaksional dan data pelaporan”, kata Urif.

Muhammad Ridha, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, selaku narasumber kedua menyampaikan bahwa simplifikasi rekonsiliasi dengan MONSAKTI menjadi salah satu quickwins DJPb tahun 2022.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga sosialisasi antigratifikasi di lingkungan KPPN Pangkalpinang yang disampaikan oleh Henryco Sabam Parlinggoman, Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal.

“KPPN Pangkalpinang tidak menerima segala bentuk pemberian baik berupa uang, barang, diskon, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya yang termasuk gratifikasi. Seluruh layanan pada KPPN Pangkalpinang tanpa biaya atau nol rupiah”, kata Henryco.

“Apresiasi atas sinergi dan kolaborasi yang terjalin dengan baik selama ini antara satuan kerja dengan KPPN Pangkalpinang. Mohon dukungan kepada seluruh satuan kerja untuk mewujudkan KPPN Pangkalpinang menjadi unit kerja WBBM tahun 2023”, pungkas Rafael.

 

Oleh: Humas KPPN Pangkalpinang

kunjungi kami di https://www.instagram.com/kppnpangkalpinang/

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalpinang
Jalan Kejaksaan No. 16 Pangkalpinang 33125
Telp: (0717) 422784

IKUTI KAMI

Search