Jalan Kejaksaan Nomor 16, Pangkalpinang - 33123

BERITA

Berita KPPN Pangkalpinang

Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Apresiasi kepada Satuan Kerja Berkinerja Terbaik Semester I 2022

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalpinang kembali menggelar acara apresiasi satuan kerja berkinerja terbaik periode semester I tahun 2022 pada Selasa, 30 Agustus 2022 di Aula Menumbing KPPN Pangkalpinang.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid (sebagian luring dan daring) dan dihadiri oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) satuan kerja mitra KPPN Pangkalpinang atau yang mewakili.

Acara dibuka oleh Kepala KPPN Pangkalpinang, Rafael Widiestumargianto, yang menyambut baik acara tersebut sekaligus memberikan keynote speech.

Pada keynote speech tersebut Rafael menyampaikan bahwa Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/ Lembaga (K/L). Tujuannya adalah untuk mewujudkan belanja K/L yang lebih berkualitas, lebih baik (spending better), dan sesuai dengan tata kelola yang baik (good governance).

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga evaluasi pelaksanaan anggaran, sosialisasi antikorupsi dengan subtema pengendalian gratifikasi, dan sosialisasi pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di KPPN Pangkalpinang.

Rafael kembali menekankan kepada seluruh satuan kerja bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada stakeholder, setelah memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), KPPN Pangkalpinang tetap melanjutkan pembangunan ZI menuju WBBM.

“KPPN Pangkalpinang tidak menerima segala bentuk pemberian baik berupa uang, barang, diskon, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya yang termasuk gratifikasi. Seluruh layanan pada KPPN Pangkalpinang tanpa biaya atau nol rupiah”, kata Rafael.

Dari 237 satuan kerja mitra kerja KPPN Pangkalpinang, terdapat 10 satuan kerja yang mendapatkan apresiasi satuan kerja berkinerja terbaik yaitu:

Satuan kerja dengan nilai IKPA terbaik:

  1. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bangka (kategori pagu besar);
  2. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka Barat Kab. Bangka Barat (kategori pagu sedang);
  3. Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Propinsi Bangka Belitung (kategori pagu kecil);
  4. Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kepulauan Bangka Belitung (kategori satuan kerja dekonsentrasi dan tugas pembantuan).

Bendahara pengeluaran satuan kerja berkinerja terbaik:

  1. Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkal Pinang (kategori pagu besar);
  2. Pengadilan Agama Mentok (kode satker 682249) (kategori pagu sedang);
  3. Pengadilan Agama Mentok (kode satker 690129) (kategori pagu kecil).

Bendahara penerimaan satuan kerja berkinerja terbaik:

Badan Pusat Statistik Kab. Bangka Barat

Satuan kerja terbaik dalam kecepatan penyampaian data capaian output dan optimalisasi penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP):

  1. KPU Kota Pangkalpinang (kecepatan penyampaian data capaian output);
  2. Balai Pengawas Obat dan Makanan di Pangkal Pinang (optimalisasi penggunaan KKP).

Prasetyo Wibowo, Kepala Seksi Pencairan Dana, selaku narasumber menyampaikan bahwa berdasarkan review pelaksanaan anggaran periode semester I 2022, terdapat 3 indikator dengan capaian yang masih rendah, yaitu indikator penyerapan anggaran, deviasi halaman III DIPA, dan capaian output.

“Berbagai upaya dan strategi yang dilaksanakan untuk mencapai nilai IKPA maksimal yaitu melaksanakan monev pelaksanaan anggaran, pendampingan kepada satker-satker strategis, sosialisasi langkah-langkah akhir tahun anggaran, dan satker agar mengoptimalkan inovasi Treasury Maps dan Belacan”, kata Prasetyo.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan baik pada lingkup internal maupun eksternal, KPPN Pangkalpinang senantiasa menerapkan budaya inovasi dan melakukan perbaikan.

“Saya ucapkan selamat untuk satuan kerja yang berhasil mencapai kinerja terbaik periode semester 1 tahun 2022, harapannya hal ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi motivasi bagi seluruh satuan kerja untuk mencapai kinerja pelaksanaan anggaran yang maksimal pada periode selanjutnya”, pungkas Rafael.

 

 

Oleh: Humas KPPN Pangkalpinang

kunjungi kami di https://www.instagram.com/kppnpangkalpinang/

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Pangkalpinang
Jalan Kejaksaan No. 16 Pangkalpinang 33125
Telp: (0717) 422784

IKUTI KAMI

Search