Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

Berita

Seputar KPPN Pekalongan

Forum Group Discussion Langkah-Langkah Akhir Tahun 2022

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) menyelenggarakan KoPPen (Konsultasi Pelayanan Perbendaharaan) dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD), dengan mengusung tema "Pedoman Pelaksanaan Langkah-Langkah Akhir Tahun Anggaran 2022( LLAT)" dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Oktober 2022 di Aula KPPN Pekalongan.

 

Kegiatan FGD diselengarakan dalam 2 (dua) batch yang diikuti oleh 63 Satuan Kerja (Satker) dengan peserta dari masing-masing Satker 2 (dua) Pengelola Keuangan,  terdiri dari para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) atau Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Bendahara Pengeluaran atau Operator Modul Komitmen SAKTI.

 

Acara FGD diawali dengan pemberian sambutan dan pembukaan acara secara resmi oleh Kepala KPPN Pekalongan, Pudji Ardi Susatyo Achmadi, disampaikan harapan kepada para peserta FGD agar dalam pelaksanaan anggaran menjelang akhir tahun anggaran berpedoman pada Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor PER-8/PB/2022 tanggal 30 September 2022. Secara khusus Kepala KPPN Pekalongan mengharapkan agar para Satker aware terhadap persentase penyerapan anggaran serta dapat meningkatkan transaksi dengan menggunakan Cash Management System (CMS) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) untuk efisiensi dan keamanan penyelesaian pembayaran transaksi pemerintah. Diakhir sambutannya para peserta dihimbau agar fokus dalam mengikuti pelaksanaan FGD sehingga dapat mengetahui batas-batas pengajuan SPM sesuai ketentuan dan prosedur di akhir tahun anggaran 2022.

 

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi teknis dan diskusi yang dimoderatori oleh Plt. Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI), Titut Triani dengan narasumber, antara lain Agus Iman Santoso selaku Kepala Seksi Pencairan Dana, Iman Hufron selaku Kepala Seksi Bank, dan Soeseno Adji selaku Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi dan Muhammad Isrizal, Staf Seksi Pencairan Dana.

 

Penyampaian materi teknis dan diskusi secara garis besar disampaikan kepada para Satker diantaranya terkait perencanaan kas, pendaftaran kontrak, pengajuan SPM LS kontraktual, Pengajuan SPM LS dengan Jaminan Pembayaran di akhir tahun, Pengajuan dan Penggunaan SPM UP Tunai/GUP Tunai/ TUP Tunai, Pembayaran uang makan dan lembur bulan Desember 2022, Pengajuan SPM LS Gaji Induk Januari 2023; Honorarium, tunjangan, vakasi, dan Penghasilan PPNPN bulan Desember 2022; SPM LS Non kontraktual, Penyelesaian retur, penyelesaian uang persediaan, Pengesahan SP3B BLU, Penyelesain hibah Langsung, Ketentuan Penerimaan Negara dan Rekonsiliasi Penyampaian Laporan Keungan Kementerian/Lembaga. Pada sesi tanya jawab, diberikan kesempatan untuk bagi satuan kerja untuk menanyakan lebih jauh perihal LLAT 2022

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut Tanggal Penting Akhir Tahun Anggaran 2022 yang perlu diperhatikan oleh para Satker lingkup KPPN Pekalongan:

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search