Jalan Bahagia No. 44 Pekalongan - 51117

Berita

Seputar KPPN Pekalongan

Rekonsiliasi Setoran Pajak Pusat atas Beban APBD (2)

Helatan kegiatan rekonsiliasi setoran pajak pusat atas beban APBD semester I tahun 2023 lingkup pemda KPPN Pekalongan berakhir pada hari Selasa tanggal 8 Agustus 2023. Ada tiga pemda dalam wilayah KPPN Pekalongan yaitu Pemda Kota Pekalongan, Pemda Kabupaten Pekalongan, dan Pemda Kabupaten Batang. Terdapat benang merah yang menggembirakan dimana setoran pajak pusat periode ini lebih besar dibandingkan dengan periode/semester sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan transaksi perekonomian dan kesadaran pelaku usaha atau wajib pajak dalam membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi pemda yang bersangkutan manfaat dari semakin besarnya setoran pajak pusat atas beban APBD adalah akan meningkatkan penerimaan Transfer ke Daerah (TKD) Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak yang masuk ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) masing-masing pemda.

Meskipun terjadi peningkatan setoran pajak pusat atas beban APBD, dalam kegiatan rekonsiliasi yang dihadiri oleh KPPN, KPP Pratama, dan BPKAD, dibahas pula sumber-sumber APBD yang selama ini telah membayar pajak pusat tapi datanya belum dilakukan rekonsiliasi. Dalam pembahasannya ditarik kesimpulan bahwa beberapa setoran pajak pusat dari TKD dan APBD belum tercatat diantaranya adalah dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), rumah sakit umum daerah, dana desa, dan dana hibah dari pemda.    

Sampai disini, ternyata manfaat rekonsiliasi pajak tidak hanya mencocokan data setoran pajak yang disetor dengan yang diterima di rekening kas negara, tapi lebih dari itu, dapat meningkatkan semangat dan kesadaran akan pentingnya pembayaran pajak guna proses pembangunan yang berkelanjutan bagi pemda.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search