Raha

Berita

Seputar KPPN Raha

Peringati Hari Oeang Ke 72 KPPN Raha Gelar Kegiatan Olahraga dan Budaya

Kab. Muna - Peringati Hari Oeang Ke 72 KPPN Raha Gelar Kegiatan Olahraga dan Budaya

Peringatan Hari Uang adalah perayaan peristiwa bersejarah yang sangat penting bagi Negara dan Bangsa Indonesia. Hari pertama kali dimana Negara Indonesia memiliki mata uang sendiri yang bernama RUPIAH. Pada 72 tahun yang lalu yaitu tanggal 30 Oktober 1946, Negara Indonesia secara resmi menerbitkan Uang Republik Indonesia dan menggunakannya untuk menggantikan mata uang sebelumnya yang merupakan warisan dari penjajah Belanda, Jepang maupun NICA. Ini artinya Rupiah juga menjadi alat pemersatu bangsa dan rakyat Indonesia, sekaligus sebagai lambang identitas kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia di mata dunia.

Mengingat akan pentingnya Hari Uang yang bersejarah tersebut, Tahun ini KPPN Raha melakukan sinergi dan kolaborasi bersama Kalangan Perbankan dan Lembaga Keuangan Non Bank di Kota Raha dalam perayaan Hari Uang yang ke-72. Seluruh Perbankan di Kota Raha turut berpartisipasi, yaitu: BRI, Bank Sultra, BNI, BNI Syariah, BTPN, BPR Mustika Utama, dan BPR Bahtera Mas. Lembaga Keuangan Non Bank yang berpartisipasi yaitu: Pegadaian, PT.POS dan BPJS.

Peringatan Hari Uang dilakukan dengan mengadakan kegiatan olahraga dan budaya bersama berupa pertandingan Voli, Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Senam Maumere. Pertandingan tersebut bukanlah berupa persaingan untuk menjadi pemenang, melainkan untuk meningkatkan keakraban antar sesama lembaga di sektor keuangan sehingga diharapkan makin memudahkan komunikasi, koordinasi dan sinergi antara satu dengan yang lainnya.

Puncak Perayaan Hari Uang dilakukan bersama-sama masyarakat dengan melakukan kegiatan Jalan Sehat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna berkenan memberikan sambutannya dan sekaligus mengibarkan bendera tanda dimulainya pelaksanaan Jalan Sehat. Dalam kegiatan ini disediakan berbagai hadiah menarik yang diundi seusai pelaksanaan Jalan Sehat. Pelaksanaan Jalan Sehat yang melibatkan masyarakat ini diharapkan dapat lebih membumikan “Apa itu Hari Uang, Instansi Kementerian Keuangan di daerah seperti KPPN dan KP2KP, Perbankan dan Lembaga Keuangan Non Bank Lainnya. Kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat ini sesuai dengan tema Hari Uang ke-72 yaitu “Berbakti Untuk Negeri”.  

Sesuai dengan semangat peringatan Hari Uang yang menginginkan terwujudnya persatuan di Indonesia, maka diharapkan kegiatan Perayaan Hari Uang ke-72 dapat menjaga, memperat dan memperkuat persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, khususnya di Pulau Muna, dan di Sulawesi Tenggara pada umumnya. Perbedaan yang ada dalam kehidupan manusia adalah takdir dari Tuhan Yang Maha Pencipta sehingga harus disikapi dengan pikiran terbuka, hati yang tulus serta mengedepankan semangat kebersamaan dan toleransi.

 

 
 
 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search