Mewujudkan Pelaksanaan anggaran yang Modern, Profesional dan Terukur Melalui Penerapan aplikasi SPRINT dan IKPA pada
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Semarang II
Semarang, 11 Juli 2018, KPPN Semarang II melakukan sosialisasi sekaligus bimtek kepada Satuan Kerja, Selasa dan Rabu, tanggal 10 – 11 Juli 2018 guna mewujudkan pelaksanaan anggaran yang modern, profesional dan terukur melalui penerapan aplikasi SPRINT dan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). Acara yang dilakukan selama 2 (dua) hari tersebut dihadiri oleh Satker KPPN Semarang II Kabupaten Kendal dan Kota Salatiga pada hari pertama sedangkan hari kedua adalah wilayah Kota Semarang.
Sosialisasi dan Bimtek diawali dengan sambutan Kepala KPPN Semarang II, Jumiarsih, sekaligus perkenalan beliau karena baru pertama membuka di KPPN Semarang II. Pada sambutan beliau ditekankan bahwa pengendalian rekening bendahara satker merupakan hal yang penting bagi Bendahara Umum Negara. Kadang kala laporan saldo rekening tidak sinkron dengan laporan pertanggungjawaban bendahara. Oleh karena itu, dengan aplikasi SPRINT hal tersebut dipermudah pelaporannya. Pada kesempatan tersebut, kepala kantor juga mengucapkan terima kasih atas kinerja Satker terbaik yang mendapat penghargaan oleh Kanwil DJPb Provinsi Jateng dan berpesan agar Satker yang lainnya jangan mau kalah.
Narasumber pertama, Mrajak, Kasi MSKI, menerangkan mengenai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran. Bahwa terdapat 12 indikator yang menentukan kualitas pelaksanaan anggaran satker. Satker dapat melihat raport masing-masing melalui OM SPAN, dengan harapan satker dapat meningkatkan pada nilai-nilai yang kurang dengan treatment-treatment yang telah disampaikan.
Bimtek SPRINT Rekening Pemerintah dipaparkan Lathu Sjamsidi, pelaksana Seksi Bank dan BIMTEK SPRINT LPJ Bendahara dipaparkan oleh Sri Rahayuningsih selaku Kasi Vera. Aplikasi SPRINT tersebut sebagai implementasi atas PMK-182/PMK.05/2017 tentang Pengelolaan Rekening Satker Lingkup Kementerian Negara/Lembaga agar pengelolaan rekening lebih efektif dan efisien.