Sibolga

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Sibolga Percepat Penyaluran DAK Fisik dan BLT Desa

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kota Sibolga mempercepat penyaluran Dana alokasi khusus (DAK) Fisik dan bantuan langsung tunai (BLT - DD) Dana Desa.

Kepala KPPN Sibolga, Hariyatmoko N.N menyampaikan bahwa pada 6 April lalu KPPN Sibolga telah mencairkan DAK Fisik untuk bidang Irigasi subbidang ketahanan langan senilai Rp.1,6 milyar. Kemudian bidang air minum subbidang penanggulangan kemiskinan sebesar Rp. 1,5 milyar dan pada 7 April 2021 juga disalurkan BLT Dana Desa bulan kesatu sebesar Rp.1,3 milyar.

"Penyaluran tersebut dilakukan untuk wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Penyaluran tersebut dilakukan setelah berkas kelengkapan dokumen permintaan penyaluran dari Pemkab Tapteng memenuhi persyaratan sesuai aturan yang berlaku," ujar Hariyatmoko, pada Selasa (13/04/2021).

Dirinya juga mengatakan dengan dicairkannya DAK Fisik tersebut, dapat menjadi pengungkit pertumbuhan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah untuk triwulan II 2021 ini dan layanan public terkait bidang tersebut dapat meningkat kualitasnya.

Pihaknya berharap agar Kota Sibolga juga segera memenuhi persyaratan agar penyaluran DAK Fisik untuk Kota Sibolga juga bisa segera dilakukan. Semakin cepat uang berputar, semakin tinggi pertumbuhan yang dihasilkan.

Kemudian, dengan dibayarkannya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang menjadi salah satu program unggulan pemerintah pusat dalam rangka perlindungan social, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian dan daya beli masyarakat desa khususnya dalam menghadapi bulan puasa tahun 2021 ini.

"Sebagaimana diketahui, berdasarkan catatan historis, bulan puasa selalu diikuti dengan inflasi yang tinggi. BLT Dana desa itu akan sangat membantu bagi warga desa yang miskin untuk menghadapi kebutuhan pangan yang cenderung akan melonjak di bulan puasa," katanya.

Lanjutnya, untuk itu, KPPN Sibolga mengharapkan agar kelengkapan berkas penyaluran BLT Dana Desa bulan kedua dan seterusnya bisa disegerakan oleh Pemkab Tapteng supaya semakin cepat dicairkan dan akan sangat membantu warga desa miskin yang berhak.

"Dalam pencairan DAK Fisik dan Dana Desa melalui KPPN Sibolga, sepanjang sudah memenuhi persyaratan sesuai aturan yang berlaku, maka pencairan dana bisa segera dilakukan. Kemudian KPPN Sibolga selalu siap membantu Pemda apabila Pemda mengalami kesulitan dalam memenuhi persyaratan tersebut seperti kesulitan teknis terkait aplikasi pencairan atau kendala lain sepanjang dalam ranah wewenang KPPN Sibolga. Pelayanan KPPN Sibolga tanpa biaya, bebas korupsi dan gratifikasi," paparnya. (riz)

 

Sumber : https://news24jam.com/2021/04/13/kppn-sibolga-percepat-penyaluran-dak-fisik-dan-blt-desa/ 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search