Kamis, 27 Januari 2022, KPPN Sibolga melaksanakan Gugus Kendali Mutu (GKM) dengan membahas Majalah Treasury Indonesia (MTI) Volume 4 Tahun 2021 dengan tema BLU Bersinergi Pulihkan Ekonomi. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai.
Dalam kegiatan ini dibahas mengenai :
- Karakteristik BLU
- Sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah menghadirkan Badan Layanan Umum (BLU).
- BLU merupakan agen pemerintah yang diberikan fleksibilitas agar lebih luwes dan lincah dalam semangat enterprising the government, dengan kemampuan memperoleh keuntungan, tetapi bukan menjadi tujuan utama.
- BLU menyajikan berbagai layanan dasar, menyediakan program perlindungan sosial, serta mengembangkan inovasi untuk layanan yang mendukung pembangunan nasional
- Perbedaan BLU, BUMN, dan satker biasa dari berbagai aspek
- BLU dan Peran Aktif Lokomotif Pemulihan Negeri
- BLU memberikan kontribusi yang signifikan bagi APBN, dapat dilihat dari pendapatan BLU yang tumbuh rata-rata 22% dan mempunyai kontribusi rasio sekitar 10,5% dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) nasional.
- Saat pandemi Covid-19 melanda, BLU bukan hanya memegang peranan penting, bahkan bisa dikatakan turut menjadi lokomotif pemulihan negeri.
- Rumah Sakit (RS) BLU telah melayani lebih dari 80% pasien BPJS, sebanyak 90% RS BLU menjadi RS Rujukan Penanganan Pasien Covid-19, dan tercatat selama tahun 2020 RS BLU menangani 34 juta pasien Covid-19.
- Dari bidang pendidikan, 106 BLU atau 2,96% dari jumlah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia telah memberikan kontribusi untuk menjaga kualitas sumber daya manusia agar tetap unggul dan berdaya saing tinggi.
- Kontribusi BLU
- Peran DJPB Mengawal BLU
- Dalam mendorong kontribusi BLU sesuai bidang tugasnya, terdapat peran krusial Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan BLU (PPK BLU) Ditjen Perbendaharaan sebagai pembina Sejak tahun 2006, Direktorat PPK BLU menjadi konduktor dalam orkestra BLU agar BLU dapat bergerak harmonis, sinergi, dan terpadu dalam menghasilkan kontribusi dan kolaborasi nyata kepada negeri ini.
- Direktorat PPKBLU menyelenggarakan layanan
- penyusunan regulasi dan kebijakan
- penetapan satker menjadi BLU
- penetapan tarif dan remunerasi
- pembinaan dan konsultasi
- serta monitoring dan evaluasi.
- Inovasi
- Berbagai inovasi dibangun oleh Direktorat PPK BLU. Salah satunya adalah BLU Integrated Online System (BIOS), yang merupakan sistem informasi BLU berbasis teknologi informasi untuk digitalisasi proses bisnis yang terintegrasi, tepat waktu, akurat, dan mengurangi penggunaan kertas. BIOS juga dilengkapi dengan fitur
- Dari segi kebijakan, terdapat PMK 129 tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU yang juga disebut sebagai PMK BLU Simpel. PMK ini merupakan simplifikasi regulasi BLU dari 15 PMK menjadi satu PMK yang disusun secara sistematis untuk memudahkan stakeholders memahami BLU secara utuh, dengan penyempurnaan substansi untuk mendukung stabilisasi ekonomi dan fiskal serta penguatan tata kelola dan akuntabilitas.
- Fasilitas transfer kas antar-BLU juga diakomodasi untuk saling membantu antar-BLU, khususnya pada saat pandemi di mana kondisi perekonomian dapat berdampak pada kondisi keuangan BLU.
- Untuk mengukur kematangan manajemen dalam mengelola BLU yang berbasis proses, dikembangkan Maturity Rating BLU yang merupakan penyempurnaan dari model penilaian Berdasarkan hasil penilaian ini, dapat diketahui area improvement yang dapat dilakukan BLU berikut strategi pembinannya secara tepat
- BLU Expo, Jembatan Sinergi untuk Pulihnya Negeri
- Sebagai sarana mempererat sinergi antar-BLU dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai peran dan layanan BLU, Ditjen Perbenda- haraan menyelenggarakan BLU Expo yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 16 November Expo ini dirancang dalam bentuk pameran virtual yang dapat dikunjungi melalui portal e-blu.id. Format expo virtual yang lebih interaktif dengan format 3D digelar selama tiga hari pada awal penyelenggaraan acara, sedangkan versi website-nya masih dapat di- akses hingga akhir bulan Desember 2021.
- Jumlah BLU : 252 tersebar di seluruh Indonesia
- Awalnya Bidang kesehatan dan semakin kompleks dengan munculnya BLU pengelola dana khusus, pengelola kawasan, dan penyedia barang/jasa lainnya.
- Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)
- Strategi Dit PPK BLU untuk mengawal BLU
- terus berkomitmen dalam menularkan semangat dan visi yang sama
- kemudahan pelayanan dengan terus berinovasi untuk menyediakan kemudahan fasilitas yang lebih baik sehingga dapat mempertahankan kepuasan para pengguna layanan
- membuat program-program berbasis kebutuhan layanan masyarakat sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran BLU
- monitoring dan evaluasi bersama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan secara berkala dan berkelanjutan, untuk memastikan program kerja tetap on track dengan integritas yang tetap terjaga
- bersama dengan stakeholders menjalankan strategi komunikasi melalui media untuk mendorong branding ataupun informasi seputar BLU diketahui dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat di seluruh Indonesia