Sibolga

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN SIBOLGA BERSINERGI DENGAN KANTOR WILAYAH DJPb PROVINSI SUMATERA UTARA LAKSANAKAN FOCUS GROUP DISCUSSION DENGAN SELURUH SATUAN KERJA

Pelaksanaan kegiatan FGD

Pada Selasa, 6 Februari 2024, KPPN Sibolga bersinergi dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I, Revisi Halaman III DIPA dan Ketentuan Standar Biaya Masukan (SBM) Tahun Anggaran (TA) 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pengelola keuangan satuan kerja mitra KPPN Sibolga.

Dalam sambutannya, Kepala KPPN Sibolga, Andres Leiman Silalahi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kesediaan narasumber dari Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sumatera Utara dan kepada seluruh peserta kegiatan FGD yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Anggaran merupakan suatu media yang sangat baik untuk melihat kembali kinerja pelaksanaan anggaran yang telah dilakukan serta untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan untuk perbaikan kinerja pelaksanaan anggaran satuan kerja pada periode kedepan. Pelaksanaan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan pada satuan kerja khususnya terkait dengan permasalahan teknis operasional di tahapan eksekusi belanja dalam rangka mengejar target triwulanan. Beliau juga menyampaikan pentingnya pelaksanaan kegiatan FGD tersebut berhubungan dengan periode pemutakhiran Halaman III DIPA Triwulan I Tahun 2024 dan sebagai media penyampaian ketentuan terbaru terkait dengan pengelolaan keuangan negara.

Dalam sambutannya juga Kepala KPPN Sibolga menyampaikan kembali langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran yang harus dilaksanakan oleh seluruh satuan kerja untuk mewujudkan belanja pemerintah yang lebih berkualitas (spending better) serta dalam rangka mendorong akselerasi transformasi ekonomi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan yang terdiri dari :

  1. Melakukan peningkatan kualitas perencanaan;
  2. Meningkatkan kedisplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan;
  3. Melakukan akselerasi pelaksanaan program/kegiatan/proyek;
  4. Melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa (PBJ);
  5. Meningkatkan akurasi dan percepatan penyaluran Dana Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Pemerintah (Banper);
  6. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan dan pertanggungjawaban hibah langsung dalam negeri dalam bentuk uang;
  7. Memprioritaskan dan mengawal penyelesaian program/kegiatan/proyek yang mendukung pencapaian RPJMN 2020-2024;
  8. Meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja (value for money); dan
  9. Meningkatkan monitoring dan evaluasi serta pengendalian internal

Narasumber dalam kegiatan FGD tersebut langsung dari Kantor Wilayah DJPb Provinsi Sumatera Utara dan materi yang disampaikan adalah terkait dengan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I, tata cara revisi halaman III DIPA dan ketentuan terbaru terkait dengan Standar Biaya Masukan tahun 2024. Adapun narasumber nya adalah Ibu Erika Uly Yanti Manurung, Kepala Seksi PPA IA Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara dan Bapak Mahriza Aldy Pelaksana Bidang PPA I Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara.

Sebelum mengakhiri kegiatan, dilaksanakan sesi diskusi dengan seluruh peserta kegiatan FGD dan terakhir ditutup langsung oleh narasumber FGD.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search