Sibolga

Inovasi My Office My Pleasure

Deskripsi Inovasi

 My Office My Pleasure merupakan salah satu inovasi pelayanan internal yang dilaksanakan di KPPN Sibolga dalam rangka mewujudkan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan bagi pegawai. Suasanya kerja yang nyaman tentu akan membuat pegawai menjadi bersemangat dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dan serta dapat meningkatkan kualitas hubungan antar sesama pegawai. Inovasi ini telah mulai digagas pada tahun 2020, namun diaplikasikan secara menyeluruh pada tahun 2021.

Melalui inovasi My Office My Pleasure, lay out ruangan kerja diatur sedemikian rupa dengan desain modern minimalis.  KPPN  Sibolga  menambahkan ruangan  khusus  pelaksana, mini  bar,  ruangan istirahat, meja dan kursi taman belakang, dan fasilitas untuk pegawai yang merokok dapat dipergunakan pada jam istirahat.

Pada Mini bar disediakan berbagai macam kopi khas Sumatera Utara dengan dilengkapi mesin grinder kopi yang dapat digunakan pegawai pada saat istirahat. Mini bar ini juga digunakan untuk menjamu tamu (Kepala Satuan Kerja) yang melakukan kunjungan ke KPPN Sibolga.

Ruangan istirahat berada di lantai mezzanine yang terletak di atas ruangan pelaksana. Pada hari-hari tertentu, ruangan istirahat ini difungsikan juga sebagai ruangan untuk kegiatan bina mental (bintal).

Meja dan kursi taman belakang bisa difungsikan sebagai tempat untuk makan siang, sementara ruang merokok disediakan di samping parkiran halaman depan kantor.

 

Tujuan Inovasi

Inovasi ini bertujuan untuk menciptakan suasana kantor yang nyaman, homey, dan menyenangkan bagi para pegawai KPPN Sibolga dalam melaksanakan tugas sehari-hari sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada mitra kerja.

 

Sebelum Implementasi

KPPN Sibolga telah menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam memberikan layanan kepada stakeholder. Namun masih memerlukan tambahan sarana guna mendukung produktivitas pegawai.

 

Setelah Implementasi

Setelah berlakunya inovasi My Office My Pleasure para pegawai dapat menikmati sarana berupa mini bar, ruangan istirahat, meja dan kursi taman belakang, dan fasilitas untuk pegawai yang merokok dapat dipergunakan pada jam istirahat.

Inovasi ini berdampak positif pada peningkatan Indeks Kepuasan Pegawai dan Indeks Kepuasan Masyarakat (satuan kerja). Berdasarkan survey yang dilaksanakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sumatera Utara pada periode pembinaan Semester II Tahun 2021, Indeks Kepuasan Pegawai sebesar 97,83, meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 89,57. Sementara itu, Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 99,76, ningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 96,50.

 

Keberlanjutan Inovasi

Inovasi ini telah dilakukan piloting pelaksanaan pada Januari 2021 kemudian dilakukan evaluasi piloting pelaksanaan pada Februari – April 2021 dan mulai diimplementasi sejak Mei 2021.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search