Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

SOSIALISASI ANTI KORUPSI DAN PENCEGAHANNYA BERSAMA KPK

Pada hari Selasa tanggal 2 November 2021, KPPN Sijunjung Kembali menyelenggarakan sosialisasi, kali ini dengan tema anti korupsi dan pencegahannya secara daring. Acara yang dibuka oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat Bapak Heru Pudyo Nugroho ini dihadiri oleh seluruh pegawai dan satker lingkup KPPN Sijunjung serta pemerintah daerah wilayah kerja KPPN Sijunjung. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat/pegawa Kanwil dan KPPN serta satker-satker mitra kerja di wilayah Sumatera Barat. Adapun narasumber utama dari kegiatan tersebut adalah Bapak Handayani Penyuluh Anti Korupsi Utama/Fungsional Korsup Madya Dit. Korsup Wilayah V,KPK RI dan dimoderatori oleh Bapak Yovi Chandra Kepala Bidang Supervisi dan Kepatuhan Internal Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat.

 

 

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini bertujuan untuk menciptakan island of integrity dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sehingga terhindar dari perbuatan tercela dan tidak bermoral. Dalam sambutannya Bapak Heru Pudyo Nugroho menyampaikan Integritas diletakkan sebagai nilai pertama dan merupakan harga mati bagi insan Kementerian Keuangan, integritas merupakan pondasi bagi nilai yang lainnya. Beliau juga menambahkan “Pada kegiatan hari ini merupakan wujud dari upaya penguatan nilai-nilai integritas, disebarkan kepada seluruh pemangku kepentingan, sehingga memiliki gelombang yang sama dalam berintegritas”.

 

 

Tantangan yang muncul semakin bervariatif, khususnya dalam pelayanan yang Sebagian besar dilakukan secara daring, sehingga layanan dituntut untuk diselesaikan dalam waktu yang cepat. Hal ini menjadi tantangan integritas tersendiri, sehingga kita perlu memperkuat pondasi integritas itu sendiri. Oleh karena itu, hal ini menjadi peran semua pihak untuk tetap berkomtimen ditengah-tengah pandemi, bagaimana tetap menjaga integritas, menghindarkan dari prilaku tidak jujur dan koruptif dan terus menjaga moralitas yang baik.

 

 

Materi inti selanjutnya disampaikan oleh bapak Handayani. Beliau menyampaikan materi dengan Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh peserta kegiatan, meskipun kegiatan dilaksanakan secara daring. Pertama kali narasumber mengajak kita harus memahami dulu apa itu korupsi apa itu gratifikasi, baru kemudian kita lawan/cegah. Korupsi merupakan tindakan extraordinary crime/luar biasa, yang berpotensi dilakukan oleh setiap orang dan bahan bersifat lintas Negara. Kemudian juga disampaikan peran nilai integritas dalam kehidupan sehari-hari. Integritas merupakan nilai yang paling utama menjadi pondasi bagi nilai-nilai lainnya.

Selanjutnya disampaikan mengenai zona integritas, pada saat ini banyak unit kerja termasuk KPPN Sijunjung berproses mewujudkan zona integritas dalam memberikan pelayanan kepada pangguna layanan. Zona integritas dibangun dari 4 elemen utama, yakni komitmen anti korupsi, keteladanan integritas, sistem anti korupsi, dan perbaikan kualitas layanan publik. Pada kesempatan ini juga dibuka sesi tanya jawab, dan peserta cukup antusias dalam menanyakan kepada narasumber, termasuk jenis-jenis gratifikasi dan cara pelaporannya.

 

 

Di penghujung acara, Kepala KPPN Sijunjung Ibu Hafnizar menyampaikan closing remark, dalam pesannya beliau berharap dari kegiatan dimaksud terbentuk layanan yang semakin berintegritas dalam setiap layanan yang diberikan KPPN Sijunjung dan juga penerima layanan. Selain itu diharapkan adanya peningkatan kualitas layanan yang pada akhirnya dapat memberikan kepuasan pengguna layanan KPPN maupun kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat. Pada akhir sesi, para peserta yang hadir juga diajak untuk melakukan foto secara bersama-sama. (editor)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search